Hingga Malam Ini, Korban Gempa Palu-Donggala Capai 420 Orang

0
49

Jakarta, NAWACITA– Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Willem Rampangilei mengatakan bahwa gempa yang terjadi di Palu-Donggala telah menelan korban hingga 420 orang.

“Itu baru yang di Kota Palu, belum yang di Kabupaten Donggala dan Sigi. Sampai saat ini totalnya 420 orang” ucapnya kepada awak media di Posko Satuan Tugas Khusus Penanggulangan Bencana di halaman rumah jabatan Gubernur Sulawesi Tengah di Jalan Moh Yamin Palu, Sabtu malam, (29/9).

Saat ini, satuan Tugas Khusus Penangulangan Bencana sedang fokus melakukan pencarian dan penyelamatan serta penanganan pengungsi di daerah-daerah terdampak bencana. Kerusakan akibat gempa di Kabupaten Donggala dan Sigi cukup signifikan dan sulitnya komunikasi membuat data kerusakan serta korban belum kita dapatkan secara detail.

“Sampai malam ini, ditaksir 10.000 pengungsi yang tersebar di 50-an titik dalam Kota Palu. Mereka akan diberi bantuan tempat berlindung, makanan dan obat-obatan bagi yang sakit,” kataya.

Saat ini jenazah sebagian korban yang meninggal dunia masih ada di rumah sakit-rumah sakit, sebagian sudah dijemput oleh keluarganya.

Kepala BNPB menambahkan bahwa jumlah korban jiwa masih bertambah karena banyak reruntuhan gedung seperti hotel-hotel besar, ruko, gudang, perumahan dan lainnya yang belum bisa tersentuh upaya pencarian.

“Kami kesulitan mengerahkan alat-alat berat untuk mencari korban di bawah reruntuhan gedung karena jalur jalan menuju Kota Palu banyak yang rusak,” ungkapnya.

 

 

 

(Red: Hulu, sumber Antara)

Tinggalkan Balasan