Herman Halawa Siap Mengayuh Untuk Indonesia Raih Emas di Asian Para Games 2018

0
1716
Herman Halawa atlet National Paralympic Committee (NPC). (Foto: Tribun).

Jakarta, NAWACITA– Herman Halawa atlet National Paralympic Committee (NPC) Sumatera Utara menjadi satu-satunya atlet Pelatnas asal kepulauan Nias yang bertarung di Asian Para Games 2018.

Dengan cacat tuna netra disebelah matanya, Herman bisa meraih pengalaman berharga hingga berprestasi di tingkat Nasional. Pada perhelatan pesta olahraga tingkat Asia ini, Herman menargetkan meraih medali Emas.

Namun Herman Halawa kali ini harus bertanding dengan cabang olahraga yang berbeda saat meraih medali Perunggu Peparnas 2016 di Bandung dan Kejurnas 2017 di Bandung.

Saat itu, dirinya meraih perunggu pada cabang olahraga Judo dan cabor renang dengan meraih 1 emas, 2 perak dan 1 perunggu.

Untuk meraih cita-cita besarnya membawa nama harum bangsa Indonesia, Herman akan mengayuh kakinya di cabang olahraga balap sepeda.

“Ini perdana bagi saya bertarung dikancah internasional. Saya pribadi senang dan bangga bisa dipanggil untuk mewakili indonesia. Dengan segala kekurangan dan keterbatasan, mudah-mudahan saya dapat mengharumkan nama bangsa, tuturnya kepada awak media, (7/10).

Bagi Herman, berkat yang diberikan Tuhan adalah kekuatan untuk bekerja keras melalui setiap cabor baik dari judo, menuju renang dan akhirnya menjadi atlet balap sepeda.

“Selama masih bisa bekerja akan terus berjuang. Itu semua bukan karena kekuatan saya sendiri, itu berkat Tuhan. Dari judo dan renang, walaupun itu belum seberapa. Tuhan berikan jalan juga untuk masuk ke pelatnas dengan balap sepeda,” jelasnya.

Herman mengaku latihan fisik di renang membantunya untuk dapat menargetkan meraih medali di tiga kelas yang diikutinya.

“Walaupun belum pernah latihan sepeda sebelumnya, tapi latihan fisik di renang dan sepeda hampir sama jadi tidak terlalu menjadi kendala. Bermodalkan ayunan kaki dan fisik yang kuat. Target semaksimal saya harus dapat satu medali di tiga kelas yang ada,” katanya.

Herman merupakan satu dari 19 atlet NPC Sumut yang dipanggil untuk mengikuti Pelatihan Nasional (Pelatnas) untuk memperkuat Timnas Indonesia di ajang Asian Para Games.

Ke-19 atlet terebut adalah: Rahayu, Nurtani Purba, Nurul Amaliah Tambi Sibarani, Anto Boy (angkat berat), Nasib Farta Simanja, Roslinda Manurung, Wilma Margaretha Sinaga, Aisah Wijayanti Putri (catur), Suryadi Siagian, Etry Siska (judo). Kemudian Eko Saputro, Riadi Saputra, Alan Sastra Ginting, Putri Aulia (atletik), Herman Hawala (balap sepeda), Nina Gusmita (voli duduk), Susilawati (tenis meja), dan Dean Pinta Uli (renang).(*)

Biofile:

Nama: Herman Halawa

Lahir: Dao-Dao Sowo, Nias / 20 April 1993

Ayah: Foloaro Halawa

Ibu: Finaati Laia

Prestasi:

–  Meraih Perunggu cabang judo di Peparnas 2016 Bandung

– Meraih 1 emas, 2 perak, 1 perunggu renang di Kejurnas 2017 di Bandung

 

 

(Red: Daril, sumber Tribun)

Tinggalkan Balasan