Nawacitapost.com

Jakarta, NAWACITAPOST.COM – Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiga Salahuddin Uno mendukung penuh kegiatan event wisata olahraga selancar internasional World Surf League Championship Tour (WSL CT) 2022 yang bakal digelar di Pantai Plengkung atau G-Land, Banyuwangi, Jawa Timur.

“Saya mengajak wisatawan untuk datang menyaksikan ajang olahraga surfing paling bergengsi di dunia,” kata Menparekraf Sandiaga Uno setelah beraudiensi dengan Kepala Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah (LKPP) yang juga Mantan Bupati Banyuwangi periode 2010-2020, Abdullah Azwar Anas, bersama Bupati Banyuwangi Ipuk Fiestiandani di Gedung Sapta Pesona, Jakarta, Kamis, (12/5/2022).

Menparekraf Sandiaga juga mengajak wisatawan untuk hadir menyukseskan ajang olahraga tingkat internasional tersebut. Hal ini juga untuk tujuan membangkitkan ekonomi di sektor pariwisata, khususnya di Banyuwangi.

“Kita akan all out mendukung WSL CT di G-Land ini, karena ini akan menggerakan ekonomi di sektor pariwisata dan ekonomi kreatif Banyuwangi sebagai kabupaten dengan tingkat kemiskinan yang paling rendah di Indonesia. Jadi jangan lupa datang ke Banyuwangi tepatnya di Taman Nasional Alas Purwo Pantai G-Land, 27 Mei hingga 6 Juni 2022. Saksikan keseruan para peselancar menaklukkan ombak kiri terbaik di dunia dengan barrel yang panjang,” ujar Sandiaga.

WSL akan menghadirkan 24 peserta pria dan 12 peserta wanita. Satu di antaranya adalah Gabriel Medina yang merupakan peselancar asal Brazil peraih 3 gelar juara dunia. Peselancar nasional asal Indonesia Rio Waida pun diharapkan bisa tampil dalam turnamen tersebut.

Sementara itu, Bupati Banyuwangi Ipuk Fiestiandani mengatakan, untuk kesiapan kegiatan WSL CT ini sudah on progress, terkait sarana dan prasarana pendukung juga sudah hampir siap termasuk pembangunan tower yang diperuntukan sebagai tempat juri menilai para atlet yang sedang berlaga.

Baca juga :  Joko Widodo Kunjungi Pasar Pelayanan Publik di Pasar Rogojampi, Banyuwangi

Terkait akomodasi, pemerintah daerah Banyuwangi juga telah menyiapkan 3 hunian yang berada di sekitar lokasi event atau di dalam Taman Nasional Alas Purwo yakni ada Jaya’s Camp, Bobby’s Surf Camp, dan Jiwa Jawa.

“Teman-teman wisatawan yang ingin mencari hotel penginapan bisa ke Kota Banyuwangi dengan hotel terdekat berjarak 30 menit dari lokasi event. Untuk yang ingin menyaksikan event WSL, wisatawan diimbau untuk mem-booking hotel sejak dari sekarang,” kata Sandiaga.

“Kami juga menyediakan homestay-homestay yang berada di sekitar G-Land yaitu di Desa Tegaldlimo yang sudah siap menerima wisatawan yang ingin datang menyaksikan event WSL, jaraknya sekitar 20 menit dari lokasi acara,” kata Sandiaga Uno.

Dalam kesempatan tersebut Menparekraf Sandiaga didampingi Deputi Bidang Ekonomi Digital dan Produk Kreatif Kemenparekraf/Baparekraf Neil El Himam; Direktur Komunikasi Pemasaran Kemenparekraf/Baparekraf Martini M Paham;

 

I Gusti Ayu Dewi Hendriyani

Kepala Biro Komunikasi

Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif