Salah Satu Stasiun di Jakarta yang Masih Terjaga Keasliannya

1
7
Salah Satu Stasiun di Jakarta yang Masih Terjaga Keasliannya

NAWACITA– Di utara Jakarta, ada satu bangunan stasiun yang masih terjaga keasliannya. Apalagi kalau bukan Stasiun Tanjung Priok yang megah dan terawat dengan baik.

Kalau kita bepergian baik di dalam area Jakarta Bogor Depok Tangerang Bekasi, atau ke Luar Kota Jakarta dan masih di Pulau Jawa, salah satu moda transportasi yang digemari adalah Kereta Api atau Kereta Rel Listrik.

Khusus kereta Listrik di area Jabodetabek sedangkan Kereta Api bisa hingga ke Banyuwangi. Bepergian dengan Kereta memang selain cenderung bebas hambatan, kita juga bisa menikmati perjalanan.

Bukan hanya perjalanan yang bisa kita nikmati. Kita juga bisa menikmati atau mengahumi keindahan dari Stasiun Kereta yang menjadi stasiun keberangkatan, ataupun stasiun tempat kereta singgah walaupun sebentar.

Di Pulau Jawa ini, sebagian besar Stasiun merupakan peninggalan Belanda. Sebut saja Stasiun Jakarta Kota, Senen, Manggarai bahkan Stasiun Bogor. DI Daerah juga bertebaran Stasiun peninggalan Belanda. Cirebon, Stasiun Tugu, Stasiun Semarang Tawang dan banyak lagi.

Baca Juga : Hamish Daud Ajak Masyarakat Cegah Kepunahan Binatang Laut

Dari sekian banyak stasiun, salah satu Stasiun yang indah, adalah Stasiun Tanjung Priok. Kode Stasiun ini adalah TPK. Letaknya di Mana? Tidak berjauhan dengan Pelabuhan Tanjung Priok, dan bersebelahan dengan Terminal Bus dan Angkutan Perkotaan Tanjung Priok.

Saya yang gemar bepergian dengan kereta rel listrik atau commuter line, akhirnya benar-benar menggunakan stasiun Tanjung Priok. Saya kebetulan ke kawasan Depok, namun biasanya berangkat dari Stasiun Kota.

Tapi kali ini, saya memilih untuk naik dari Stasiun Tanjung Priok. Selain dekat dengan tempat tinggal saya, tersedia Communter Line dari Stasiun ini.

Dari bagian depan Stasiun, sudah terlihat sekali bahwa Stasiun ini memiliki langgam bangunan Art Deco. Di bagian depan stasiun, ada sekelumit sejarah Stasiun ini.

Memasuki Stasiun ini, gaya bangunan Art Deco semakin kental hingga ke dalam Stasiun. Stasiun Tanjung Priok ini, memang masih terjaga sekali keasliannya. Belum ada penambahan modern Stasiun. Bangunan Belandanya masih terasa kental. Loteng bagian depan stasiun masih tinggi. Jendela juga berukuran besar.

Loket Stasiun juga tidak berubah. Serasa beli tiket kereta Jaman Belanda.

Ketika kita mau masuk ke Peron, inilah yang membuat saya terpukau. Atap dengan rangka baja sangatlah indah. Sangat-sangat indah. Peron stasiun inilah yang menjadi lokasi syuting film dan pemotretan prewedding yang pernah saya lihat.

Ketika saya berjalan menyusuri peron, di bagian ujung, terdapat bangunan pengatur signal kereta api. Bangunan ini sudah tidak terpakai, namun, masih berbentuk asli. Tidak ada perubahan.

Stasiun Kereta Api Tanjung Priok ini, bagi saya, merupakan aStasiun Kereta Api Peninggalan Belanda yang paling indah yang saya temui. Sebagian besar masih terjaga keasliannya. Tak ada salahnya mampir ke Stasiun Kereta yang dibangun mulai tahun 1914 ini dan mulai digunakan tahun 1925.

1 KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here