Jalani Operasi Pengangkatan Payudara, Angelina Jolie: Aku Ingin Hidup Lebih Lama

1
207

Los Angeles,NAWACITA – Angelina Jolie menjadikan pengalaman sebagai pelajaran berharga dalam hidupnya. Maka ketika sang ibu meninggal dunia akibat kanker payudara dan kanker rahim pada 2007, Jolie melakukan tindakan pencegahan.

Dia menjalani double mastectomy pada 2013. Prosedur tersebut merupakan operasi pengangkatan dua payudara, meski seseorang belum didiagnosa mengidap kanker payudara. Kemudian pada 2015, dia melakukan operasi pengangkatan ovarium dan tuba falopi.

Angelina Jolie mengaku, dua prosedur itu dilakukannya demi terbebas dari bayang-bayang kanker rahim dan kanker payudara. Sehingga dia bisa melihat anak-anaknya tumbuh dewasa dengan nyaman.

“Aku hidup tanpa ibu lebih dari satu sekade. Semasa hidup, dia hanya bisa melihat beberapa cucunya. Ketika mereka punya waktu bersama, ibuku terlalu lemah untuk bermain dengan cucunya,” ujar Jolie seperti dikutip dari AsiaOne, Senin (25/11/2019).

Mantan istri Brad Pitt itu menambahkan, “Ibuku melawan penyakitnya selama 10 tahun dan bertahan hidup hingga usia 50-an. Sedangkan nenekku (dengan penyakit serupa) meninggal di usia 40-an. Aku ingin hidup lebih lama demi anak-anakku.”

Dalam esai yang ditulisnya, Angelina Jolie menyebutkan, biaya bukanlah satu-satunya yang harus diperhatikan dalam pengobatan kanker. Memastikan kestabilan mental pasien juga merupakan hal yang tak kalah penting.

“Pasien kanker yang stres hanya akan mempersulit proses penyembuhannya,” ujar Jolie dalam esainya tersebut.*

 

Comments are closed.