Generasi Milenial Mau Bayar Bahan Makanan Mahal dengan Syarat Ini

0
5

Jakarta,NAWACITA-Tren gaya hidup sehat semakin digandrungi generasi milenial. Hal ini telah terbukti dari meningkatnya permintaan pasar terhadap bahan makanan organik, dan berpredikat ‘sehat’.

Dilansir dari Food & Wine, Rabu (11/9/2019), fakta tentang generasi milenial tersebut bermula dari hasil penelitian sejumlah ahli terhadap salah satu supermarket kenamaan asal Amerika Serikat (AS), Whole Foods.

Tempat ini diketahui menjual berbagai jenis bahan makanan organik dengan harga yang relatif lebih mahal dibanding supermarket kebanyakan. Menariknya, menurut data statistik, Whole Foods justru memiliki lebih banyak pelanggan dari berbagai kalangan, terutama milenial.

Padahal, mereka tidak pernah mengklaim sebagai pemasok bahan makanan paling sehat di AS. Namun, Whole Foods tidak memungkiri bahwa mereka cukup ketat dalam memilih bahan makanan sesuai dengan standar yang telah ditetapkan.

“Kami selalu mencari bahan makanan paling alami dan organik. Proses pemilihannya sangat ketat dan disesuaikan dengan standar industri. Kami juga memiliki komitmen yang kuat untuk menciptakan sektor agrikultur yang berkelanjutan,” tulis Whole Food pada keterangannya.

Selain Whole Foods, Amazon sebetulnya menjadi salah satu e-commerce yang menjual bahan makanan organik berkualitas, dan harganya pun terbilang mahal. Namun hasil komparasi para peneliti, harga bahan makanan Whole Foods masih jauh lebih mahal dari Amazon. Selisihnya sampai 12-13%.

Lalu, apa tanggapan Whole Foods terkait isu ini? Belum lama ini, mereka mengeluarkan sebuah pernyataan resmi lengkap dengan hasil survei yang mereka lakukan terhadap konsumen generasi milenial.

Dengan bantuan sejumlah peneliti dari YouGov, Whole Foods melakukan survei terhadap 1.006 responden dengan rentan usia antara 22 – 37 tahun. Hasilnya, mereka ternyata rela menggelontorkan dana lebih untuk mendapatkan bahan makanan yang ‘jelas’ dalam segi kualitas dan asal-usulnya.

Empat puluh persen di antara mereka mengaku mempertimbangkan kualitas produk saat berbelanja. Sementara 68% responden lain, justru tidak berpikir panjang asalkan mendapat bahan makanan berkualitas. Selain itu, 65% responden mengaku lebih memilih bahan makanan yang jelas asal-usulnya, serta menjunjung nilai-nilai ramah lingkungan.

Selain itu, hasil survei ini juga menemukan bahwa mayoritas generasi milenial mulai beralih ke bahan makanan organik dan menghindari makanan berkemasan plastik dalam lima tahun terakhir. Hal tersebut tidak terlepas dari komitmen mereka untuk lebih peduli terhadap isu-isu lingkungan.

“Milenial tidak hanya sekadar memasukkan produk ke dalam keranjang mereka saat berbelanja, mereka sangat concern tentang cerita di balik bahan makanan itu diproduksi, nilai kesehatan, dan kualitasnya,” tukas Sonya Gafsi Oblisk, selaku Whole Foods Market’s Chief Marketing Officer.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here