Penjelasan Ketua PBNU Beri Hotman Paris Gelar Gus Lora

0
7

Jakarta,NAWACITA-Gelar ‘Gus Lora’ yang disematkan kepada Hotman Paris menuai kontroversi. Sebelumnya Ketua Umum PBNU KH Said Aqil Sirodj memang memberi nama ‘Gus Lora’ kepada Hotman Paris.

Rupanya penamaan ‘Gus Hotman’ juga mengundang komentar dari Ketua Pengurus Besar Nahdatul Ulama (PBNU), KH Abdul Manan Ghani. Bagi Abdul Manan, Gus yang disematkan kepada Hotman Paris tersebut adalah guyonan. Memang di kalangan orang NU sebutan Gus adalah hal yang biasa.

“Biasa kiai (NU) itu kalau berbicara suka banyak canda-candanya, guyonan. Ketika siapa yang datang panggil aja dengan nama Gus,” kata Abdul Manan di Kantor PBNU, Kramat, Jakarta Pusat, Selasa (10/9/2019).

“Bukan sesungguhnya Gus anak kiai. Kan panggilan kehormatan, panggilan baik toh. Siapa saja bisa,” tambahnya.

Lanjut Abdul Manan Ghani, penyematan nama Gus juga identik orang berdarah Jawa Timur. Sementara itu, Lora sendiri adalah sebutan khas orang berdarah Madura.

“Lora itu dari Madura, kalau Cirebon biasanya dipanggil Kang, jangan salah, orang dipanggil Gus biasa. Gus itu kan tradisi. Saya sering dipanggil Kang oleh orang lain,” kata Abdul Manan Ghani.

Namun disinggung penyematan nama Gus apakah cocok untuk Hotman, Abdul Manan menyebut Hotman dipanggil Bang yang dianggapnya sesuai nama kehormatan orang berdarah Batak.

“Nggak pantas juga kalau orang Batak dipanggil Gus, pantas nggak? Pantasnya ‘Bang’ lah. Beliau kan marganya Hutapea, kalau Batak dipanggil Kang cocok nggak? Nggak, bukan kulturnya intinya panggilan,” pungkasnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here