Manfaat Marketing Campaign untuk Kesuksesan Bisnismu

0
209
Nawacita - Manfaat Marketing Campaign untuk Kesuksesan Bisnismu

Jakarta, NAWACITA – Ketika mengiklankan sebuah brand, produk, atau promosi tertentu, ada kalanya seorang marketer membutuhkan suatu program untuk menarik target sasaran. Selain itu, dengan adanya program, pesan yang ingin disampaikan juga akan lebih terstruktur sehingga bisa mencapai target dengan tepat. Oleh karena itu, jika kamu seorang marketer, kamu membutuhkan marketing campaign atau kampanye pemasaran produk.

Kampanye pemasaran atau marketing campaign merupakan proses perencanaan, pelaksanaan, pengukuran, dan peningkatan beberapa nilai bagi produk yang kamu pasarkan. Kegiatan ini bertujuan untuk melakukan pendekatan dengan pelanggan atau calon pelanggan. Sebagai marketer, kamu harus dapat menyesuaikan situasi dan peluang yang tak terduga atau di luar kendalimu, marketing campaign selalu melibatkan perencanaan pengambilan keputusan secara sadar.

Setidaknya ada dua tipe campaign yang dapat dilaksanakan, yaitu print dan online campaign. Kedua hal ini sama-sama bertujuan untuk meningkatkan citra suatu brand. Perbedaan keduanya hanya terletak pada media yang digunakan, yaitu cetak (bannerflyer, brosur) daring (email, media sosial, website).

Baca Juga: 9 Tren Digital Marketing 2019 yang Perlu Kamu Ketahui

Manfaat Campaign

Ada beberapa tujuan utama sebuah campaign harus dilaksanakan. Selain untuk mencapai target AIDA (AttentionInterestDesire, dan Action), marketing campaign juga bermanfaat untuk memenuhi marketing funnels seperti di bawah ini:

Brand

Brand atau merk dagang merupakan hal utama yang kamu butuhkan untuk menciptakan citra produk yang akan kamu pasarkan. Ibarat nama panggung, kamu harus dapat membuat nama brand yang catchy dan mudah diingat. Setelah itu, campaign dilakukan untuk menciptakan brand awareness dan recognition agar dapat lanjut ke brand loyalty.

Leads

Saat brand sudah dikenal dan website-mu sudah menerima peningkatan jumlah pengunjung, jangan senang dulu. Kamu masih harus bersabar menunggu calon pelanggan tersebut “mengeksplor” produk yang kamu tawarkan. Inilah leads, yaitu pengunjung yang berniat melakukan pembelian. Agar dapat menggiring leads ke tahap selanjutnya, kamu harus dapat menyediakan apa yang mereka butuhkan, sertakan media-media yang dapat menarik para leads, seperti foto, artikel, atau video testimoni.

Sales

Bukan orang, tapi sales yang dimaksud adalah penjualan. Dari sekian banyak leads yang berhasil melakukan pendekatan dengan produk yang kamu tawarkan, beberapa dari mereka akan melakukan pembelian produk. Melalui marketing campaign, baik angka leads maupun sales dapat mengalami peningkatan. Namun, ada faktor selain sales yang harus kamu perhatikan, yaitu poin selanjutnya,

Loyalty

Ketika brand atau produkmu sudah mencapai tahap loyalty, bukan berarti tantanganmu berkurang. Mempertahankan sesuatu justru menjadi tantangan yang lebih berat, termasuk mempertahankan loyalitas pelanggan. Saat produkmu sudah memenuhi permintaan para pelanggan di awal, artinya mereka sudah mengetahui kualitas pelayanan dan produk yang kamu berikan, tugasmu sekarang adalah mencari cara mempertahankan para pelanggan ini agar mereka melakukan pembelian kedua, ketiga, dan seterusnya, sembari tetap melakukan pemasaran bagi calon pelanggan lain.

Cara Menjalankan Marketing Campaign