Tips memasak Makanan Sehat yang Antiribet

1
193
Tips memasak Makanan Sehat yang Antiribet

Jakarta, NAWACITA- Banyak orang menganggap memasak makanan sehat sendiri di rumah itu ribet, dan mahal. Makanya mereka mengundurkan diri sebelum mencobanya. Padahal, akan lebih mahal lagi biaya rumah sakit yang harus kamu keluarkan akibat pola hidup yang urakan. Sehat itu memang mahal harganya, guys!

Untuk itu, coba ubah pola hidupmu dengan memasak makanan sehat sendiri di rumah. Caranya mudah. Kamu enggak perlu langsung ekstrim beli bahan-bahan organik kalau dirasa terlalu memberatkan kantongmu. Pakai bahan lokal saja sudah cukup, kok.

Selain itu, ada beberapa tips lainnya yang dibeberkan langsung oleh Nova Eugenia, Co-founder FIT Gourmet yang juga hobi bikin makanan sehat sendiri di rumah. Bahkan perempuan ini turut merancang langsung menu sehat dan enak di restorannya yang baru saja buka di Pantai Indah Kapuk itu.

Apa saja tips memasak makanan sehat yang antiribet? Simak ulasan lengkapnya berikut ini:

  1. Utamakan keseimbangan

Kunci utama dalam menyajikan makanan sehat adalah balance (seimbang). “Yang penting balance. Kalau di rumah biasa makan nasi putih, bisa ganti dengan nasi merah atau multigrain. Gula juga ganti dengan madu. Atau, kalau memasak biasa pakai garam, saus tiram, dan kecap asin. Garamnya enggak usah dipakai lagi,” jelas Nova.

Baca Juga : Irak Tolak Izin AS Untuk melanjutkan Operasi Militer

  1. Perhatikan ingredients dalam setiap bahan yang akan digunakan

Enggak kalah penting, kamu harus memperhatikan betul apa saja bahan yang digunakan dalam bumbu masakanmu.

“Kalau bisa pakai bahan-bahan yang non-MSG. Kaya di sini (FIT Gourmet) saus atau bumbu yang kita gunakan non-MSG, benar-benar aku bacain ingredients-nya setiap botol. Saus sambal pun yang non-MSG,” tambahnya.

  1. Pilihlah bahan lokal

Nova menyarankan, jika bahan organik harganya lebih mahal, maka pakailah bahan lokal. “Pakai saja bahan lokal. Sekalian kita support petani lokal. Kalau bisa seminimal mungkin pakai bahan import,” ujar perempuan yang mengaku sudah tak makan nasi putih itu.

Ia menyarankan, ketika ingin membeli beras merah di pasaran pastikan kualitasnya baik agar ketika dimasak tak keras. “Sebenarnya nasi merah sama nasi putih kalorinya sama, cuma nasi merah fiber-nya lebih banyak. Biasanya beras merah yang organik lebih bagus, kalau yang di pasar emang terkadang kurang bagus,” tutupnya.

Comments are closed.