Asal-usul Kerang Hijau yang Ampuh Jernihkan Air dari Polusi

0
264

Jakarta,NAWACITA-Pencinta seafood tentu sudah tidak asing lagi dengan kerang hijau. Kerang ini cukup digemari karena menyuguhkan sensasi rasa gurih nan menggoda, apalagi bila dimasak dengan bumbu yang tepat.

Selain enak dimasak, kerang ini  ternyata punya fungsi lain yang mungkin tidak pernah Anda ketahui sebelumnya. Kerang ini dapat menjernihkan air dari polusi. Tak heran, pihak Taman Impian Jaya Ancol menyebar sekitar 3 ton kerang hijau di sekitaran perairan Teluk Jakarta.

Melihat fakta tersebut, warga diimbau untuk selektif dan berhati-hati bila ingin menikmati kerang ini di sekitaran Jakarta. Kecuali bila Anda bisa memastikan bahwa kerang ini diambil dari daerah-daerah yang tidak terdampak pencemaran lingkungan.

Untuk mengetahui lebih lanjut tentang asal-usul dan kandungan gizinya, berikut rangkuman ulasan lengkapnya, Senin (7/10/2019).

Secara ilmiah, kerang ini  merupakan organisme yang termasuk dalam kelas Pelecypoda, dan golongan biota laut bertubuh lunak (mollusca). Penyebaran kerang ini terbilang luas. Yaitu mulai dari laut India bagian barat hingga Pasifik Barat, dari Teluk Persia hingga Filipina, bagian utara dan timur Laut China, hingga Taiwan. Kerang ini juga tersebar luas di perairan Indonesia dan ditemukan melimpah pada perairan pesisir, daerah mangrove dan muara sungai.

Di Indonesia kerang hijau ditemukan melimpah pada bulan Maret hingga Juli pada areal pasang surut dan subtidal, hidup bergerombol dan menempel kuat dengan menggunakan benang byssusnya pada benda-benda keras seperti kayu, bambu, batu ataupun substrat yang keras.

Kandungan gizi yang terdapat pada kerang hijau terdiri dari 40,8 % air, 21,9 % protein, 14,5 % lemak, 18,5 % karbohidrat dan 4,3 % abu sehingga menjadikan kerang hijau sebanding dengan daging sapi, telur maupun daging ayam.

Meskipun daging kerang hijau hanya sekitar 30% dari bobot keseluruhan (daging dan cangkang), tetapi dalam 100 gr daging kerang hijau mengandung 100 kalori yang tentunya sangat bermanfaat untuk ketahanan tubuh manusia. Dalam perkembangannya, kerang hijau menjadi salah satu jenis makanan laut terlaris karena mudah diolah dan dikreasikan menjadi berbagai hidangan lezat.