Ibukota Bakal Pindah,Ini Kuliner Khas Kaltim

0
88

Jakarta,NAWACITA-Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengumumkan perpindahan ibu kota Indonesia. Kalimantan Timur menjadi ibu kota yang terpilih dengan bertempat di sebagian Kabupaten Penajam Paser Utara dan sebagian di Kabupaten kutai Kartanegara.

Berpindahnya ibu kota ke Kalimantan Timur telah melalui beberapa pertimbangan, seperti minim bencana alam hingga menjadi lokasi yang strategis di tengah-tengah Indonesia. Di samping itu, Kalimantan Timur juga memiliki makanan khas yang unik dan jarang diketahui banyak orang. Berikut rangkuman kuliner khas Kalimantan Timur:

Sate payau

Sate payau terbuat dari daging Rusa. Mungkin ini terdengar sangat aneh bagi kita yang belum pernah mendengar sebelumnya, terlebih daging yang digunakan merupakan daging rusa. Namun, di Kalimantan Timur daging rusa lazim untuk dijadikan bahan baku makanan.

Sate payau hanya disajikan pada acara-acara tertentu, seperti saat upacara dan festival kesenian Kalimantan Timur karena rusa merupakan hewan yang dilindungi.

Sate payau memiliki tekstur yang lebih lembut dibandingkan daging sapi dan memiliki rasa manis karena diraminate dengan bumbu sate. Kuliner sate payau ini dapat ditemukan di Tepian Pandan, Tenggarong.

Ayam cincane

Ayam cincane merupakan ayam bakar yang dinikmati dengan sambal tomat, namun ayam yang digunakan bukanlah ayam broiler tapi ayam kampung. Dilihat dari penampilan ayam ini seperti ayam bakar pada umumnya. Namun, ayam ini berbeda karena sebelum dibakar ayam direbus terlebih dahulu dengan bumbu kukus.

Setelah dikukus, ayam dilumuri dengan bumbu dan dibakar hingga kecoklatan. Setelah matang dilumuri lagi dengan sambal tomat, sehingga membuat penampilan yang menggoda. Ayam cincane sering dihidangkan pada saat acara resmi seperti pernikahan.

Nasi bekepor

Nasi bekepor memiliki cita rasa lezat dan terbilang sulit ditemukan, sehingga membuat banyak orang yang mencarinya. Nasi berkepor terdiri dari ikan asin, rempah-rempah, minyak sayur yang dicampur dengan nasi putih. Biasanya disajikan dengan sayur gangan asam Kukar yang sejenis dengan sayur asem yang diolah dengan ikan dan ubi manis khas Kalimantan Timur.

Gence ruan

Gence ruan terbuat dari ikan gabus. Biasanya masyarakat lokal menyebutnya dengan ikan harun yang dibakar dengan bumbu tumis. Setelah dibakar ikan dilumuri dengan sambal goreng yang enak. Sambal ruan sangat cocok dinikmati dengan nasi hangat dan tumis daun pakis.

Sambal raja ala Kalimantan Timur

Kalimantan Timur juga memiliki sambal khasnya yaitu sambal raja ala Kalimantan Timur. Terdiri dari potongan kecil kacang panjang, terong ungu dipotong dadu, bawang merah, cabai merah, rawit, dan potongan telur rebus yang dicincang. Sambal ini bisa dinikmati dengan nasi hangat yang membuat sensasi makan lebih lezat dan nikmat.

Amplang khas Kalimantan Timur

Amplang merupakan camilan kerupuk seperti kuku macan, sangat unik bukan. Terbuat dari ikan namun tidak ada rasa amis didalamnya. Amplang sangat cocok dinikmati ketika sedang santai. Amplang merupakan oleh-oleh khas Kalimantan Timur. Jadi, jika anda berkunjung ke daerah ini jangan lupa untuk membeli amplang