Lapas Kelas IIA Samarinda Kupas Kesadaran Warga Binaan Soal Bahaya HIV/AIDS Dengan Sosialisasi

0
120

Jakarta, NAWACITAPOST –¬†Lapas Kelas IIA Samarinda membuat sosialisasi soal bahaya penyakit HIV dan AIDS sekaligus melakukan testing pada warga binaan pemasyarakatan. Sosialisasi ini dihadiri oleh warga binaan lapas Samarinda yang dipandu oleh dokter jaga dari pihak klinik lapas.

Secara umum kegiatan tersebut bertujuan untuk meningkatkan kesadaran warga binaan terhadap isu HIV-AIDS dan untuk menghilangkan stigma dan diskriminasi terhadap pengidap HIV-AIDS. Namun tujuan khusus dari sosialisasi tersebut yaitu untuk meningkatkan kewaspadaan warga binaan agar tidak melakukan hubungan dengan berganti pasangan.

Sosialisasi ini bersifat terbuka, seluruh peserta dapat bertanya dan akan dijawab langsung oleh dokter jaga.

Setelah dilakukan sosialisasi, pihak klinik mengarahkan warga binaan untuk dilakukan uji HIV-AIDS. Sebelum dilakukan tes, WBP terlebih dahulu dilakukan screening dengan menanyakan profil.

Kemudian setelah screening, dilakukan pengambilan darah guna pemeriksaan dengan alat uji awal untuk mengidentifikasi apakah WBP terjangkit HIV-AIDS. Kegiatan ini dilaksanakan secara tatap muka pada Selasa 10 agustus 2021 di ruang pertemuan lapas Samarinda.

Sebagai mana diketahui, HIV-AIDS merupakan virus yang dapat ditularkan, melalui hubungan seksual dengan seseorang yang telah terinfeksi HIV tanpa memakai pengaman/pelindung (kondom), melalui tranfusi darah atau alat-alat yang telah terpapar HIV selain itu, melalui ibu yang terinfeksi HIV kepada janin yang dikandungnya pada saat persalinan atau kepada bayi yang disusuinya.

Setelah kegiatan ini, Warga binaan diharapkan dapat meningkatkan pemahaman dalam mencegah dan menanggulangi HIV-AIDS.

(Kornelius Wau)