Kembali Muncul Virus Corona, China Segerakan Testing Hingga Lockdown

0
308

Jakarta, NAWACITAPOSTVirus corona varian delta kembali membuat suasana di China kembali mencekam, menurut data per hari Senin, 02 Agustus 2021 tercatat sebanyak 98 kasus baru dengan varian Delta yang lebih menular, 55 kasus diantaranya adalah lokal. Sebelumnya, China terpantau sudah mampu mengendalikan Covid-19 dengan angka yang tidak terlalu fantastis.

Namun kasus tersebut adalah penularan pertama dalam setahun setelah China dinyatakan bebas corona. Berdasarkan kasus baru ini, China gerak cepat dalam melakukan Tracing dan Testing.

“Dengan cepat meluncurkan testing asam nukleat komprehensif untuk seluruh penduduk,” ujar pejabat senior Wuhan, Li Tao dalam konferensi pers, dikutip AFP, Selasa (03/08/2021).

Awalnya infeksi dalam jumlah besar ini ditemukan pertama kali di Nanjing, Provinsi Jiangsu. Penyebaran kasus baru ini pertama kali muncul dari kabin pesawat yang bekerja di Bandara Internasional Nanjing Lukou. Kemudian virus menyebar ke lebih banyak lokasi, termasuk wisata Zhangjiajie di Provinsi Hunan.

Kemudian turis yang kembali dari Zhangjiajie menjadi pembawa atau carier ke lokasi rumahnya, termasuk ke ibu kota China, Beijing. Melihat perkembangan kasus yang dinilai cukup cepat, pemerintah China memerintahkan pada wilayah-wilayah tersebut untuk melakukan Lockdown.