Jakarta, NAWACITAPOST – Kepala Kebijakan Publik Shopee Indonesia Radityo Triatmojo mengatakan, langkah tegas yang dilakukan pihaknya dalam menghapus lebih dari 500 produk kesehatan yang tidak sesuai dengan regulasi merupakan upaya dalam mendukung percepatan pemulihan kesehatan masyarakat.

“Karena itu, kami memperhatikan regulasi yang berlaku dan mengikuti harga yang sudah ditetapkan pemerintah. Shopee juga secara proaktif akan mendukung upaya dan kebijakan pemerintah dalam mengatasi pandemi. Pasalnya, masalah tersebut merupakan tanggung jawab bersama,” terang Radityo.

Ratusan produk yang diturunkan tersebut berasal dari 2 kategori. Kategori pertama adalah obat yang dijual dengan harga melebihi Harga Eceran Tertinggi (HET) yang ditetapkan dalam Keputusan Menteri Kesehatan No. HK.01.07/MENKES/4826/2021 Tentang Harga Eceran Tertinggi (HET) Obat Dalam Masa Pandemi Corona Virus Disease.

Selain itu, Shopee juga menurunkan kategori obat-obatan yang dilarang untuk diperjualbelikan secara bebas tanpa resep dokter.

Untuk diketahui, produk-produk yang ada di platform Shopee diunggah langsung oleh para penjual. Shopee memiliki tim internal yang didedikasikan untuk memantau dan melakukan moderasi terhadap produk yang dijual dalam aplikasi agar sesuai dengan regulasi yang sudah ada.

Para pengguna Shopee dapat melaporkan temuan produk-produk yang tidak sesuai dengan regulasi yang ditetapkan oleh pemerintah melalui tombol ‘Laporkan produk ini’ di aplikasi. Dengan melaporkan produk tersebut, masyarakat turut berperan aktif dalam menjaga ekosistem belanja daring lebih aman dan bertanggung jawab

Baca juga :  Kemenperin Catat Produk Kakao Olahan Mayoritas Sebanyak 85 Persen