Ilustrasi Ginjal (halodoc)
Ilustrasi Ginjal (halodoc)

Jakarta, NAWACITAPOST – Peringatan Hari Ginjal Sedunia yang jatuh pada Kamis 11 Maret 2021 lalu, membuat kita mengingat bahwa pentingnya menjaga kesehatan ginjal.

Ginjal adalah organ tubuh penting yang harus dijaga kesehatannya. Fungsi ginjal merupakan menyaring darah dan membuang limabhnya dalam bentuk urin. Urin yang normal mengandung racun, garam, dan urea.

Berikut 8 tips Langkah menjaga ginjal tetap selalu sehat diantaranya :

1.Jaga aktivitas fisik

Ketika aktivitas fisik terjaga, aliran darah pun lancar, sat olahraga akan membantu membakar kalori sehingga menghindari kelebihan berat badan hingga obesitas. Obesitas adalah salah satu factor resiko penyakit ginjal dan jantung. 

2.Kontrol gula darah

Gula darah harus terkontrol sehingga terhindar dari risiko diabetes, control gula darah untuk menghindarkan dari risiko komplikasi termasuk komplikasi pada ginjal.

3.Kontrol tekanan darah

Tekanan darah pun harus terkontrol terlebih pada pasien hipertensi memiliki obat yang dikonsumsi rutin sehingga tidak boleh terlewat. Maka tekanan darah harus diukur, bukan dirasa-rasa atau dikira-kira.

4.Makanan yang sehat dan gizi seimbang

Konsumsi makanan dengan gizi seimbang termasuk karbohidrat, protein, lemak, serat juga vitamin dan mineral.

 

5.Jaga asupan cairan

Asupan cairan sangat diperlukan, anda tidak akan merasakan nyaman pada bagian punggung bawah saat kekurangan cairan. Oleh kareannya, penuhi kebutuhan cairan paling tidak 2 liter per hari bagi orang dewasa. Asupan cairan juga dapat melalui makanan seperti makanan berkuah, sayuran, dan buah yang kaya kandungan air.

 

6.Tdak Merokok

Demi menjaga kesehatan ginjal, maka alihkan kebiasaan merokok dengan kebiasaan yang lebih baik seperti konsumsi cemilan sehat termasuk buat dan kacang-kacangan.

 

7.Hindari konsumsi obat anti nyeri secara berlebihan.

Baca juga :  Tanpa Disadari, Beginilah Kebiasaan Yang Bisa Merusak Ginjal

Konsumsi obat pereda nyeri berlebihan dan tanpa pengawasan dokter akan berisiko pada kerusakan jaringan ginjal.

 

 

8 Cek Fungsi Ginjal

Cara lain mencegah terjadinya penyakit ginjal adalah salah satunya dengan skrining dan cek fungsi ginjal. Pemeriksaan ginjal dapat dilakukan dengan pemeriksaan tes urine, kreatinin darah, dan glomerulo fitration rate (GTR) untuk melihat kemampuan ginjal menyaring sisa metabolisme.