Tiga Seri Webinar, UWKS Respon Problematika Penanganan Pandemi Covid-19

0
409

Surabaya NAWACITAPOST – Untuk ketiga kalinya, Fakultas Kedokteran (FK) UWKS menggelar webinar terkait pencegahan sekaligus penanganan Pandemi Covid-19. Dan kali ketiga ini, Jumat (13/11/20) mengambil tema “Problematika Koordinasi Kesehatan Lintas Sektor di Era Pandemi”.

Agenda daring yang mengundang perwakilan dari Kemendagri ini diikuti oleh 1.300 peserta dan Semua peserta yang ikut webinar mendapatkan e-sertifikat dan 5 SKP IDI.

Selain dari Kemendagri, mengingat tema terkait koordinasi lintas sektor, FK UWKS juga mengahadirkan Narsum dari BNPB (Badan Negara Penanggulangan Bencana), dan dari IDI JATIM.

Pada kesempatan itu, Safrizal selaku Dirjen Bina Administrasi Kewilayahan Kemendagri memaparkan  tentang koordinasi pemerintah dengan tenaga medis untuk penanggulangan Covid-19. Kemudian dilanjutkan dengan Satgas Covid-19 BNPB Wiku Bakti Bawono Adisasmito yang lebih mengutamakan tentang analisis SWOT BNPB terhadap pandemi Covid-19 di Indonesia. Sedangkan prioritas, langkah dan dampak heterogenitas persepsi dalam koordinasi penanganan pandemi bagi tenaga kesehatan di Indonesia disampaikan oleh Sutrisno, Ketua IDI Jatim.

Acara webinar ditutup oleh Dekan FK UWKS Prof. Dr. dr. Suhartatik, MS., yang menyampaikan tentang dampak dan solusi infodemik bagi penanggulangan pandemi.

Sebagai panitia pelaksana, Dr. dr. Sukma Sahadewa, M.Kes., SH., MH., M.Sos., mengatakan bahwa acara ini terselenggara atas kerjasama Alumni FK UWKS, Yayasan Wijaya Kusuma, IDI, PDK3MI, serta BKS-IKM-IKP-IKK-FKI.

Selain bertujuan meningkatkan kegiatan Pengabdian masyarakat dosen dan Dokter muda FK UWKS, Acara ini juga dalam upaya memperkaya wawasan keilmuan terkait ilmu kedokteran dan ilmu kesehatan masyarakat dari ruang lingkup yang lebih luas, Mempererat koordinasi dan kerjasama dengan berbagai stakeholder terkait kualitas peserta didik FK UWKS, Meningkatkan efektifitas dan efesiensi penggunaan waktu belajar di era pandemic, terlebih untuk meningkatkan perbaruan keilmuan terkait ruang lingkup tenaga kesehatan.

Sebelumnya, dalam Webinar seri yang pertama pada 28 Agustus 2020 lalu mengambil tema “New Normal Dalam Perspektif Ilmu Kesehatan Masyarakat”, dengan topik pembahasan :

  1. New Normal Dalam Pembelajaran Kepaniteraan Klinik IKM
  2. Update Kasus Covid 19
  3. Dampak New Normal Diperbatasan Masuk Negara Dan Provinsi
  4. Perubahan Dunia Pendidikan FK Di Era Pandemi

Sedang seri yang kedua pada 9 Oktober 2020 mengambil tema “Profesionalitas Dan Manajemen Rujukan Medis Di Era Pandemi”, dengan topik pembahasan :

  1. Perbedaan Sistem Rujukan Medis Sebelum Dan Sesdudah Pandemic
  2. System Rujukan Medis Dan Dampaknya Bagi Masyarakat Dan Nakes Di Era Pandemic
  3. Kebijakan Pencabutan Aturan Rapid Test Dan Alur Rujukan Pasien Covid 19
  4. Klaim BPJS Untuk Rujukan Dan Isu Terkait

(BNW)