Membudidayakan Kapulaga Menjadi Tanaman Rempah Yang Bermanfaat Untuk Kesehatan

0
208
Foto Tanaman Kapulaga

Nias,Nawacitapost.com – Tanaman kapulaga merupakan tumbuhan herbal yang membentuk rumpun, bentuknya seperti tanaman jahe yang memiliki ketinggian 2-3 meter. Kapulaga tidaklah asing lagi ditengah-tengah masyarakat indonesia. Secara khususnya di kepulauan nias tanaman ini sudah banyak dimiliki oleh kalangan masyarakat dan bahkan sudah di jadikan peluang bisnis. Tanaman Kapulaga ini dijual per batangnya  2000ribu dan sangat gampang hidup di tanah yang gembur.

Foto : Tanaman Kapulaga

Kapulaga tidak hanya di jadikan bumbu masakan. Tak hanya membuat masakan semakin terasa lezat, kapulaga juga dipercaya dapat mengobati berbagai penyakit karena nutrisi yang terkandung di dalamnya.

Berikut beberapa manfaat kapulaga bagi kesehatan:

  • Mengurangi stres

    Manfaat kapulaga yang pertama adalah untuk memperbaiki suasana hati dan mengurangi stres. Kapulaga ampuh sebagai obat herbal yang memiliki sifat antidepresan. Mengonsumsi dan juga menghirup aroma kapulaga dipercaya dapat memberikan efek sedatif atau menenangkan. Konsumsi kapulaga secara rutin dapat terus membuat mood Anda membaik dan Anda pun bisa mengurangi dan juga menghindari stres.

    Baca Juga : Tahap Ke-3 di Kecamatan Hiliduho Kab. Nias, Penyerahan Bantuan JPS Bagi Masyarakat Miskin Non PKH

  • Melancarkan pencernaanManfaat kapulaga selanjutnya adalah sangat baik untuk menjaga saluran pencernaan. Kapulaga merupakan salah satu jenis rempah dengan kandungan serat yang tinggi. Terdapat kandungan 2 gr serat untuk setiap satu sendok kapulaga. Maka dari itu, kapulaga sangat baik dikonsumsi untuk melancarkan pencernaan.

    Bagi Anda yang memiliki masalah sembelit atau sulit buang air besar, kapulaga bisa menjadi salah satu solusi untuk mengatasi masalah tersebut. Selain mengatasi sebelit, kapulaga juga bermanfaat untuk menjaga kesehatan perut lainnya seperti mengontrol empedu dan asam lambung, mengatasi nyeri perut, mengatasi kejang usus, hingga memperbaiki nafsu makan.

    Foto : Biji Kapulaga
  • Mencegah infeksiManfaat kapulaga yang ketiga adalah menjaga tubuh dari berbagai penyakit akibat infeksi. Kapulaga memiliki sifat antimikroba, sehingga kapulaga mampu untuk melawan berbagai jenis bakteri, virus, dan jamur tertentu yang bisa menyebabkan infeksi dan gangguan dalam tubuh. Bisa dikatakan bahwa kapulaga adalah salah satu jenis obat herbal yang ampuh untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh.
  • Obat nyeriManfaat kapulaga lainnya adalah ampuh dijadikan sebagai obat berbagai jenis nyeri. Kapulaga memiliki sifat analgesik yang mampu untuk meredakan ras nyeri. Selain itu, kapulaga juga ternyata memiliki sifat antiinflamasi yang bisa menyembuhkan berbagai macam peradangan yang mungkin mejadi penyebab nyeri yang dirasakan.

    Beberapa penyakit yang bisa diatasi oleh kapulaga antara lain adalah sakit gigi, gusi bengkak, sakit kepala, nyeri otot, nyeri sendi, dan banyak gangguan tubuh lainnya.

  • Baik untuk tulangManfata kapulaga yang kelima adalah untuk menjaga kesehatan tulang. Kapulaga mengandung beberapa nutrisi yang dibutuhkan tulang. Beberapa di antaranya adalah seperti vitamin C dan juga mangan. Zat-zat ini memiliki manfaat untuk menjaga kepadatan tulang dan juga kesehatan tulang. Kepadatan tulang yang terjaga akan menghindarkan Anda dari penyakit osteoporosis.
  • Menjaga kesehatan ginjal dan saluran kencingSebelumnya disebutkan manfaat kapulaga yang ampuh dijadikan sebagai obat sembelit. Ternyata selain sebagai obat sembelit, kapulaga juga ampuh untuk menyelesaikan masalah buang air kecil. Kapulaga memiliki sifat diuretik yang berguna untuk menjaga kesehatan ginjal Anda.

    Salian itu, kapulaga juga ampuh untuk mencegah penyakit seperti infeksi saluran kemih (sistitis) dan juga peradangan pada ginjal (nefritis). Kesehatan ginjal dan saluran kemih yang terjaga akan sangat membantu dalam kelancaran sistem ekskresi tubuh.

  • Mengobati batuk dan pilekManfaat kapulaga selanjutnya adalah dapat mengobati batuk dan pilek. Kapulaga bisa memberikan efek menenangkan dan juga membantu mengencerkan dahak. Pernapasan pun menjadi lebih lancar. Rasa dari kapulaga juga mampu untuk memberikan efek hangat sehingga Anda juga bisa terhindar dari kedinginan.
  • Kesehatan mulut dan tenggotokanMenjaga kesehatan mulut dan tenggorokan ternyata juga merupakan salah satu manfaat kapulaga. Kapulaga dengan sifat antiinflamasinya bisa meredakan gejala seperti sariawan hingga radang tenggorokan. Kapulaga juga dipercaya ampuh untuk meredakan napas tidak sedap dan membuat napas menjadi lebih segar. Dikutip dari DokterSehat,Jumat (1/5)

Sementara itu, tak ada risiko ataupun efek samping yang dilaporkan mengenai penggunaan kapulaga. Namun, sebelum mengonsumsinya sebagai bentuk obat-obatan, ada baiknya jika Anda berkonsultasi terlebih dahulu pada dokter.