Sabun Paling Efektif Bersihkan Bakteri dan Virus

0
147

Jakarta, Nawacitapost – Untuk mencegah penyebaran virus corona Covid-19, masyarakat diimbau untuk tetap berada di rumah atau bekerja dari rumah (WFH).

Namun, tidak semua orang bisa terus tinggal di rumah karena urusan tertentu, seperti pedagang. Sebab, pedagang mau tidak mau harus keluar rumah untuk mencari nafkah.

Hadir di acara Apa Kabar Indonesia Malam,  pada Rabu (2/4), dokter Paru, Fariz Nur Widya, menjelaskan hal-hal yang harus dilakukan seorang pedagang di tengah pandemi virus corona Covid-19 saat ini

Mulanya, seorang penelpon bernama Hamdani yang mengaku sebagai pedagang khawatir dengan uang yang bisa saja menjadi media pembawa virus.

“Saya ini kan pedagang biasa melayani konsumen istilahnya interaksinya sering, kekhawatiran menerima uangnya itu pak. Kadang lupa pakai hand sanitizer. Cuma saya khawatir, parno lagi. Gimana pak solusinya? ” tanya Hamdani, di telepon.

Menanggapi Hamdani, Dokter Fariz mengaku maklum dengan mata pencahariannya.

“Jadi kami memahami keadaan bapak di tengah pandemi tentu saja harus menjalankan aktivitas jual beli,” ujar dokter Fariz.

Ia membenarkan bahwa uang bisa berpotensi membawa kuman dan virus. Menurutnya, sabun adalah barang paling efektif untuk membersihkan tangan dari bakteri dan virus.

“Bapak-bapak, ibu-ibu dan sekalian terhormat yang paling bermanfaat itu adalah sabun cuci tangan. Itu sudah direkomendasikan oleh WHO (World Health Organization), IDI (Ikatan Dokter Indonesia) dan teman-teman,” kata dokter.

Menurutnya kalau memang tidak ada hand sanitizer, cucilah tangan pakai sabun, asal jangan pakai sabun colek.

Lebih lanjut, dokter kelahiran Surakarta itu menyarankan untuk mencuci tangan dengan langkah yang telah dicontohkan WHO.

“Karena dengan cuci tangan melalui enam langkah yang sudah diajari melalui tutorial oleh WHO, IDI, bahkan Kemenkes, yang enam langkah selama 20 detik, kalau memang yang 20 detik itu kelamaan sambil nyanyi balonku ada lima itu yang biasa saya ajarkan ke temen-temen. Dan bisa membunuh nyaris 90 persen bakteri dan virus di tangan,” kata dia.

Sumber : Tribun palu.com