Mulut, Gerbang Utama ke Tubuhmu

0
174

Jakarta, Nawacitapost – Tubuh kita merupakan kesatuan yang tidak terpisahkan. Oleh sebab itu saat ini marak dilakukan pembahasan mengenai terapi holistik. Jika kita melihat akses atau pintu masuk ke dalam tubuh yang meliputi organ dalam, maka pada wajah terdapat beberapa pintu gerbang yaitu mata, hidung, telinga, kulit dan mulut. Namun yang paling utama adalah mulut. Karena mulut menjadi indra terbesar yang menghubungkan dunia luar dengan organ dalam kita, jadi “Mulut, Gerbang Utama ke tubuhmu”.

Oleh sebab itu, pada kesempatan talkshow Get To Know Your Body, yang diselenggarakan beberapa waktu lalu oleh Divine Dental Clinic, di ruang Conference Hall, Gedung WTC 3, Jakarta, Jum’at (17/01/2020). drg Hardini Dyah Astuti, periodontist dari Divine Dental Clinic menyatakan pentingnya menjaga kesehatan mulut, terutama kesehatan jaringan didalam mulut yang terdiri dari tulang, gusi dan gigi yang bisa saja menjadi gerbang awal masuknya penyakit pada tubuh kita.

Drg Hardini juga menyebutkan bahwa mulut adalah alat indra yang utama, sebagai pintu gerbang terbesar yang menghubungkan dunia luar dengan organ didalam tubuh, untuk itu diperlukan kesadaran akan segala sesuatu yang kita masukkan kedalam mulut kita.

Misalnya saja kasus autoimun yang belakangan ini ramai dibicarakan. Autoimun adalah situasi di mana ketika antibodi yang harusnya menyerang sel jahat atau benda asing  di tubuh, namun malah menyerang sel – sel yang baik sehingga membuat sistem kekebalan tubuh menjadi kacau.

Hal tersebut bisa terjadi, salah satunya jika terjadi proses inflamasi atau peradangan ditambah invasi dari bakteri. Karena penyakit autoimun sendiri diawali proses peradangan namun tidak dapat diatasi oleh tubuh.

Selain itu penderita penyakit autoimun juga dapat dikenali dari beberapa tanda didalam mulut, contohnya mulut yang kering dan gusi berdarah yang terus menerus. Oleh karena itu, menjaga kesehatan mulut, adalah langkah awal untuk menjaga kesehatan tubuh “ katanya.

Drg Hardini menjelaskan, pentingnya kesadaran untuk waspada pada gejala-gejala penyakit inflamasi atau peradangan. Seperti yang disebutkan sebelumnya  peradangan yang paljng mudah dikenali adalah didalam mulut, sedanglan yang terjadi dalam tubuh, relative lebih  sulit dikenali.

Penyebab  inflamasi didalam mulut  pada umumnya disebabkan oleh invasi bakteri pada sisa makanan yang berubah menjadi plak dan kalkulus. Tanda-tandanya, seperti mendapati gusi yang bengkak, kerap berdarah kala sikat gigi, maka harus segera memeriksakan diri ke dokter gigi.

“Karena itu bisa jadi tanda dari adanya peradangan dan menjadi sebab peradangan lain didalam organ tubuh,” kata drg. Hardini.

Hal lain juga yang perlu diperhatikan adalah kemungkinan kesehatan mulut terutama gigi dan gusi yang dapat berdampak pada sakit kulit yang dikenal dengan nama Psoriasis.

Menurut Drg Hardini, hal tersebut juga disebabkan adanya peradangan pada gigi. Penyakit yang ditemukan sekitar tahun 2012,  ditemukan adanya pengaruh gigi yang berlubang berakibat pada seluruh tubuh yang gatal ditandai ruam merah.

“Saya mendapati pasien saya mengalami kondisi kulit yang gatal menjadi lebih baik setelah memeriksakan giginya,“ ungkapnya.

Oleh karena itu, drg Hardini menyarankan pentingnya untuk menggosok gigi sehari dua kali, sebagai usaha menjaga kesehatan mulut, yang dilakukan setelah makan pagi, dan sebelum tidur. Selain itu, juga disarankan untuk memeriksakan kesehatan mulut secara berkala dan pembersihkan karang gigi setiap 6 bulan sekali.