Kamu Bisa Coba Beberapa Manfaat Ampas Kopi?

1
25
Kamu Bisa Coba Beberapa Manfaat Ampas Kopi?

Jakarta, NAWACITA – Jika biasanya ampas kopi langsung dibuang, coba simpan untuk manfaat keren ini. Mulai dari mengusir nyamuk sampai membersihkan wajan!

Dinikmati di seluruh dunia, jutaan cangkir kopi dibuat setiap hari. Ada yang membuatnya di rumah, namun ada pula yang menikmati kopi buatan kafe atau coffee shop. Umumnya kopi yang dijual di coffee shop menggunakan biji kopi pilihan yang dihaluskan.

Kopi tersebut lalu diproses menggunakan mesin canggih bertekanan hingga mendapatkan air kopi saja. Lalu tersisa ampas kopi yang biasanya dibuang. Daripada berakhir di tempat sampah, ampas kopi sebenarnya bisa dimanfaatkan untuk banyak hal.

Baca Juga : Kenapa Semua Restoran Cepat Saji Didominasi Warna Merah?

Salah satu manfaat paling terkenal ampas kopi adalah untuk kulit. Dengan teksturnya yang agak kasar, ampas kopi bisa jadi pengganti scrub. Selain itu, Mashed (9/10) mengungkap manfaat keren lain dari ampas kopi yang bisa kamu Coba.

Berikut beberapa manfaat ampas kopi yang Dirangkum Nawacitapost.com

1.Usir nyamuk dan serangga lain

Usir nyamuk dan serangga lain

Digigit nyamuk memang bikin kesal. Untuk mengatasinya, coba usir nyamuk dengan cara alami. Letakkan ampas kopi di area rumah yang biasa dihuni banyak nyamuk. Misalnya saja di kamar atau di ruang keluarga. Cara ini sekaligus membuat area rumah wangi kopi alami.

Sebuah penelitian tahun 2015 menunjukkan nyamuk, termasuk spesies berbahaya seperti dengue, bukan hanya ampuh diusir ampas kopi tapi mereka juga akan dirugikan karenanya. Sebab sebagian besar nyamuk betina menolak bertelur di air yang ada ampas kopinya. Jika bertelurpun, larva yang menetas tidak akan berkembang dengan benar sehingga bisa mengurangi populasi nyamuk secara keseluruhan.

Untuk area lain seperti di halaman atau kebun rumah, penggunaan ampas kopi juga efektif. Sebab ampas kopi bukan hanya bisa mengusir nyamuk, tapi juga serangga lain seperti semut dan lebah. Serangga yang kerap merusak tanaman atau hasil kebun ini akan pergi tanpa penggunaan insektisida berbahaya.

2.Kurangi selulit

Kurangi selulit

Kemunculan selulit tentu mengganggu penampilan, khususnya bagi perempuan yang kerap memiliki garis-garis putih ini di sekitar perut atau paha. Meski bukan penyakit, banyak wanita ingin menyingkirkan selulit secepat mungkin.

Kalau mau pakai cara alami, ampas kopi jadi solusinya. Sebab kafein telah terbukti bisa mengurangi selulit dengan cara meningkatkan sirkulasi darah dan memecah benjolan yang terbentuk di bawah kulit. Hasilnya kulit lebih halus dan lembut.

Racik ampas kopi sebagai eksofiliator atau pengelupas. Caranya, cukup racik ampas kopi dengan sedikit minyak kelapa. Gosok-gosok bagian selulit dengan masker rumahan ini sebelum mandi. Gosok dengan gerakan memutar. Kemudian bilas bersihi. Ulangi sesering mungkin untuk dapat hasil maksimal.

1 KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here