SERANG, NawacitaPots.com Merujuk pada amanat Permenkumham Nomor 65 Tahun 2016 tentang Penataan Kerja Sama di Lingkungan Kementerian Hukum dan HAM, dimana Biro Humas, Hukum, dan Kerja Sama mempunyai tugas dalam proses penyimpanan, publikasi dan evaluasi naskah kerja sama yang di lakukan oleh satuan kerja pada Kementerian Hukum dan HAM.

Namun, seiring pelaksanaannya, beberapa kendala kerap ditemui dalam menjalankan fungsi tersebut, diantaranya adalah belum terinformasinya data dan rencana kerjasama di Unit Eselon I, Kantor Wilayah dan Unit Pelaksana Teknis di lingkungan Kementerian Hukum dan HAM, belum terimplementasinya regulasi tentang kerja sama secara maksimal serta belum adanya keseragaman/keselarasan dalam penyusunan naskah kerja sama.

Permasalahan tersebut disampaikan Subkordinator Kerjasama Lembaga Pemerintah Biro Humas, Hukum dan Kerjasama Sekretariat Jenderal Kementerian Hukum dan HAM (Aman Budi Manduro) dalam paparannya saat membuka Diseminasi Aplikasi Penyimpanan dan Publikasi Kerja Sama (P2MA), Kamis (23/06).

Kegiatan yang digelar Biro Humas, Hukum dan Kerjasama itu diikuti secara luring oleh jajaran Kehumasan pada Unit Utama Kementerian Hukum dan HAM dan diikuti secara daring melalui Aplikasi Zoom Meeting oleh jajaran Kehumasan di 33 Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM seluruh Indonesia.

Berangkat dari permasalahan tersebut, dalam kesempatan ini, Biro Hukerma memperkenalkan P2MA atau Penyimpanan Publikasi dan Kerjasama yang diharapkan mampu meningkatkan kinerja organisasi dalam hal penyimpanan, publikasi data kerja sama yang berdampak pada meningkatnya kualitas data kerja sama.

“Tidak hanya itu, P2MA juga diharapkan mampu meningkatkan akuntabilitas penyimpanan publikasi data kerja sama dan memudahkan dalam melakukan monitoring dan evaluasi kerjasama”, ujarnya.

Kegiatan dilanjutkan dengan Tutorial Penggunaan Aplikasi Penyimpanan Publikasi dan Kerjasama (P2MA) oleh Pelaksana pada Biro Hukerma Sekretariat Jenderal Kemenkumham. (Humas Kemenkumham Banten)

Baca juga :  ASN Berinovasi, Kemenkumham Banten Siapkan “Antis"