Hadir Sebagai Solusi Peningkatan Akuntabilitas, Imigrasi Balikpapan Luncurkan ASIAPP

0
574

Jakarta, NAWACITAPOST – Kantor Imigrasi Kelas I TPI Balikpapan pada Rabu (01/09/2021) meluncurkan inovasi ASIAPP (Aplikasi Aman Penyimpanan Paspor). Merupakan sebuah aplikasi yang memberikan kemudahan dan keamanan dalam penata-usahaan Dokumen Negara yakni Paspor.

Inovasi ASIAPP ini merupakan buah karya Tim IT Kanim Balikpapan yang digagas oleh Kepala Kantor Imigrasi Balikpapan Rakha Sukma Purnama. Hadirnya inovasi ASIAPP berawal dari monitoring dan evaluasi yang rutin dilakukan Kakanim Balikpapan beserta jajaran.

Aplikasi ini diperlukan sebagai pelengkap aplikasi SIMKIM (Sistem Informasi Manajemen Keimigrasian) Versi 2.0, yakni aplikasi penatausahaan dokumen negara (paspor) setelah melalui proses pencetakan.

“Berawal dari evaluasi inilah kami menggagas ASIAPP, yang diharapkan menjadi solusi dalam upaya peningkatan Akuntabilitas penata-usahaan Dokumen Negara berupa Paspor.” ujar Rakha.

Dengan hasil yang sangat memuaskan dan terbukti dapat meningkatkan kecepatan serta
keamanan dalam penyimpanan maupun penyerahan paspor kepada pemohon, maka mengawali Bulan September 2021, Kantor Imigrasi Balikpapan telah menerapkan Asiapp
dalam menunjang pelayanan Penerbitan Paspor.

Direktur Sistem dan Teknologi Informasi Keimigrasian Agato P.P. Simamora menyampaikan
apresiasinya terhadap inovasi ASIAPP yang digagas Kepala Kantor Imigrasi Balikpapan, “Proyek perubahan ini sangat luar biasa, karena telah mengisi kekosongan pada SIMKIM
dalam hal Penata-usahaan paspor pasca cetak.” ungkap Agato saat berkunjung ke Kanim
Balikpapan beberapa waktu lalu.

Kepala Kantor Wilayah Kemenkumham Kaltim, Sofyan dan Kepala Divisi Keimigrasian, Hendro Tri Prasetyo juga menyambut positif hadirnya ASIAPP, dengan menyebut inovasi ini adalah Kekayaan Intelektual yang sangat membanggakan Kemenkumham RI. Asiapp sendiri telah diajukan untuk dipatenkan ke Direktorat Jenderal Kekayaan Intelektual sebagai karya pegawai Kantor Imigrasi Balikpapan.

(Kornelius Wau)

Simak berita lainnya di YouTube kami !