Launching Aplikasi E-Later dan L’Samba, Untuk Berikan Pelayanan Prima Kepada WBP dan Masyarakat

0
289

Jakarta, NAWACITAPOST – Selalu ada inovasi yang dilakukan oleh jajaran Petugas Lapas Kelas IIA Samarinda, mungkin kalimat itulah yang paling tepat untuk menggambarkan bagaimana aktif dan dinamisnya para petugas Pemasyarakatan yang bermarkas di Jl. Jenderal Sudirman tersebut. Bagaimana tidak, setelah Layanan Terpadu Satu Pintu (offline), perbaikan sarana dan prasarana layanan publik, media sosial (FB, Instagram, Twitter dan Youtube) dan website (www.lapassamarinda.com), hari ini Kamis, 22 Juli 2021 bertempat di aula serbaguna lantai II Lapas, telah di Launching satu program layanan berbasis online. Ya ,layanan tersebut adalah E-Later L’Samda.

E-Later L’Samda adalah sebuah layanan terpadu (Later) yang dibuat dalam bentuk online, dengan aplikasi ini, masyarakat tidak perlu lagi berlelah-lelah untuk datang ke lapas untuk mengetahui segala informasi tentang lapas, baik itu informasi terkait data warga binaan pemasyarakatan, informasi mengenai program pembinaan, Pembebasan Bersyarat (PB), Cuti Bersyarat (CB) dan Cuti Menjelang Bebas (CMB). Melalui aplikasi E-Later L’Samda, masyarakat juga dapat memberikan sumbangsih dalam bentuk kritik dan saran, tidak hanya itu, jika terdapat hal-hal yang sekiranya tidak memuaskan dari segi layanan ataupun terkait hal lainnya, masyarakat dapat menyampaikan pengaduan.

IDE INOVASI

E-Later L’Samda untuk pertama kalinya di cetuskan oleh Kepala Lapas Kelas IIA Samarinda (Moh. Ilham Agung Setyawan), dari buah pikirannya, ia kemudian melakukan kooordinasi dan komunikasi dengan jajarannya untuk mewujudkan adanya suatu layanan yang mudah, cepat dan murah dan akhirnya diwujudkanlah ide kreatif tersebut dalam bentuk aplikasi layanan berbasis online yang oleh Ilham (begitu ia disapa) disebutnya E-Later L’Samda.

PROSES PEMBUATAN

Dengan tekad dan kesungguhan untuk memberikan layanan prima kepada masyarakat, Kalapas kemudian meminta bantuan tim IT untuk membuat aplikasi dimaksud, proses pembuatan dilakukan pada awal bulan Mei lalu dan setelah kurang lebih dua bulan lamanya, aplikasi E-Later L’Samda pun selesai dibuat lengkap dengan semua jenis layanan yang ada di Lapas Kelas IIA Samarinda dan hari ini, Rabu (22/07/2021) Aplikasi E-Later L’Samda pun di Launching.

KEUNGGULAN

Bagi anda yang mungkin masih bertanya-tanya apa sih keunggulan Aplikasi tersebut, nah berikut ini kami informasikan untuk anda keunggulannya :

  1. Berbasis Online. Sebagaimana telah dijelaskan sebelumnya bahwa E-Later L’Samda adalah layanan publik berbasis online, karena itu ia memiliki keunggulan tersendiri, diantaranya ialah anda tidak perlu lagi buang-buang bensin, atau membayar sewa Gokar, atau angkot untuk datang ke Lapas. anda cukup mendownload aplikasi E-Later L’Samda melalui android anda di playstore. anda tinggal pilih menu apa saja yang anda inginkan. semua bisa dilakukan di rumah, dijalan atau dimanapun sepanjang anda terhubung dengan jaringan internet tentunya.
  2. Semua Layanan Memiliki Operator. nah ini dia keunggulan dari aplikasi ini, pada tiap-tiap produk layanan yang tersedia di aplikasi E’Later L’Samda, sudah ada operator yang selalu siap sedia melayani anda secara online, sehingga proses pelayanan bisa lebih cepat.
  3. Data WBP terhubung dengan SDP. Bagi masyarakat yang ingin mengecek data keluarganya yang kebetulan ada didalam Lapas, Aplikasi ini telah menyediakan semua akses data WBP karena langsung terhubung dengan Sistem Data Pemasyarakatan (WBP), oh ya, SDP ini memuat semua hal tentang WBP loh ya, mulai dari data pribadi, lama masa hukuman, masa asimilasi dan lainnya.
  4. Mengurus PB, CB, CMB Mudah. Bagi anda keluarga WBP anda bisa membantu keluarga anda untuk mengurus PB, CB dan CMB secara online, karena dalam aplikasi ini menunya sudah tersedia, anda tinggal klik saja dan operator akan memberikan semua informasi yang anda butuhkan termasuk syarat yang harus disiapkan untuk keperluan mengurus layanan dimaksud.
  5. Kunjungan Bebas Antrian. Nah bagi keluarga, teman, sahabat atau mungkin kekasih dari WBP yang ingin berkunjung, anda bisa langsung mendaftar kunjungan secara online, setelah mendaftar operator akan memberikan anda nomor antrian, dengan nomor antrian tersebut anda tinggal datang ke Lapas dan langsung ke Counter layanan pendaftaran kunjungan online pada Layanan Terpadu Satu Pintu yang berada di bagian luar lapas. langsung deh anda diberi kartu kunjungan tanpa antri.
  6. Tersedia Layanan Informasi Umum. Nah bagi masyarakat yang hanya sekedar ingin tahu bagaimana produk layanan dan kegiatan di Lapas, tersedia juga Informasi Publik. tinggal klik dapat deh informasinya.
  7. Tersedia Tutorial Penggunaan Aplikasi. ini nih yang keren. Bagi anda yang masih bingung bagaimana cara menggunakan aplikasi ini, anda tinggal klik video tutorial yang tersedia di aplikasi, hebatnya lagi, semua layanan tersedia tutorialnya. jadi anda tidak perlu khawatir tentang bagaimana cara menggunakan aplikasi E-Later L’Samda.
  8. By The Way, masih banyak lagi loh kegunaan dan manfaat aplikasi ini. Buruan Download.

PELAYANAN PRIMA KEPADA MASYARAKAT

Lahirnya aplikasi E-Later L’Samda merupakan buah dari komitmen jajaran Lapas Kelas IIA Samarinda terutama Kalapas, untuk memberikan pelayanan yang maksimal dan memuaskan masyarakat. Karena pihak Lapas sangat menyadari bahwa fungsi utama Birokrasi adalah melayani masyarakat dengan layanan yang terbaik dan ini sejalan dengan prinsip New Public Service yang memandang bahwa melayani masyarakat adalah tugas utama.

Moh. Ilham Agung Setyawan selaku kalapas menyampaikan bahwa, aplikasi ini didedikasikan untuk masyarakat dan terutama bagi warga binaan pemasyarakatan, yakni bagaimana memastikan bahwa pelayanan yang diberikan oleh petugas Lapas Kelas IIA Samarinda adalah pelayanan terbaik. ia juga mengaku sangat menyadari pentingnya pelayanan publik dan karena itu memang adalah tugas utama mereka. ” E-Later L’Samda ini sepenuhnya kami dedikasikan untuk masyarakat terutama warga binaan pemasyarakatan, saya selaku kalapas, tentu sangat sadar, bahwa fungsi kami sebagai ASN adalah melayani dengan pelayanan terbaik dan maksimal yang kami bisa. Sebagai kalapas saya juga ingin meninggalkan Legacy yang baik dan tentunya tidak hanya baik tapi juga bermanfaat bagi semua, yaitu bagi petugas, masyarakat dan warga binaan pemasyarakatan” ungkapnya.

(Kornelius Wau)