Data Pelanggan Lion Air Bocor, Menkominfo Sebut Bukti Urgensi RUU PDP

Jakarta, NAWACITA – Data Pelanggan Lion Air Bocor, Begini Tanggapan Menkominfo. Isu kebocoran data pelanggan Lion Air Group belakangan, menurut Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara menjadi bukti urgensi lahirnya Rancangan Undang-Undang Perlindungan Data Pribadi di Indonesia (RUU PDP).

“Kasus ini (kebocoran data Lion Air Group) menunjukkan betapa urgentnya RUU Perlindungan Data Pribadi,” ujar Menkominfo saat ditemui di Kantornya, Jakarta, Kamis malam (19/9/2019).

Saat ini sendiri RUU PDP disebutnya masih berputar di pemerintah. Ia mengaku sudah membubuhkan dua kali tanda tangan dua kali pada draft RUU tersebut.

“Pertama kali ada perubahan karena kan ada Kementerian Dalam Negeri, dimana kaitannya dengan Dukcapil, dengan yang lain abis itu rapat. Selesai,” tuturnya.

Baca Juga: Kanwil Kemenkumham Papua Kirim Wakil Hadiri Sail Nias 2019

“Isu yang sama sukcapil udah beres. Sekarang gatau udah dimana, udah diputerin lagi,” imbuh Menkominfo.

Soal kebocoran Lion Air Group sendiri, pria yang akrab disapa Chief RA ini berharap agar data pribadi yang terpapar tidak dimanfaatkan oleh pihak lain.

“Harapan saya agar data pribadi itu tdk dimanfaatkan oleh pihak lain karena itu diakses melalui web kan. Sehingga fokus kominfo adalah bagaimana melindungi data pribadi masyarakat,” pungkasnya.

Baca juga :  Raih Dua Penghargaan, Kepala Kanim Parlindungan : Jangan Cepat Puas