10 Kendaraan Listrik Buatan ITS Surabaya

0
254
10 Kendaraan Listrik Buatan ITS Surabaya
10 Kendaraan Listrik Buatan ITS Surabaya

Jakarta, NAWACITA – Sebanyak 10 kendaraan listrik buatan Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya mengakhiri perjalanan Jambore Kendaraan Listrik Nasional mereka dari Surabaya di Gedung Kemenristekdikti, Jakarta Pusat, Selasa (3/9/19).

Dari 10 kendaraan ramah lingkungan itu, 7 di antaranya berjenis mobil sedangkan 3 sisanya adalah roda dua atau sepeda motor. Perjalanan dilakukan selama lima hari yang dimulai pada tanggal 28 Agustus 2019 lalu. Pada awalnya ada 14 kendaraan yang bertolak ke Jakarta, namun karena ada beberapa kendala teknis hanya 10 saja yang mencapai tujuan akhir. 4 kendaraan listrik berupa mobil dan motor di tengah jalan terpaksa harus dipulangkan ke Surabaya, Jawa Timur.

“Kawan-kawan melakukan Jambore yang berangkat dari Surabaya tanggal 28 kemarin yang dibuka oleh gubernur dan walikota kemudian ke Jakarta,” ujar Rektor ITS, Mochamad Ashari di Gedung Kemenristekdikti, Jakarta Pusat, Selasa (3/9/19).

“Ke Jakarta dengan 14 kendaraan termasuk sepeda motor. Ada beberapa yang tidak bisa sampai Jakarta. Dari itu, 10 masuk Jakarta semuanya,” timpalnya.

Menristekdikti Mohamad Nasir pun menyambut kedatangan para mahasiswa ITS yang melakukan perjalanan panjang tersebut. Ia berharap kendaraan listrik anak bangsa dapat masuk industri dan menjadi pilihan utama masyarakat Indonesia.

“Kita telah menyaksikan bersama di finis kendaraan berbasis listrik. Ini penting untuk ke depan. Kalau bisa inilah prinsipal (mobil) pertama kali dari Indonesia,” kata Nasir dalam kesempatan itu.

Untuk mendukung kelancaran perjalanan Jambore Kendaraan Listrik Nasional, PT PLN (Persero) menyediakan sejumlah titik SPLU di berbagai kantor cabang yang dilalui. Kurang lebih ada 20 titik pengisian daya mobil listrik tersedia yang juga sekaligus menjadi titik peristirahatan selama perjalanan.

“Kami sangat dibantu oleh PLN yang menyediakan 20 tempat pengisian daya selama perjalanan. Dalam perjalanan ini kami tidak melewati tol sekaligus ingin menunjukkan pada masyarakat hasil kendaraan listrik nasional ini,” tutur Ketua rombongan Jambore Kendaraan Listrik Nasional, Yoga Uta Nugraha.