Kunker Menteri Sandiaga Uno ke Geopark Nasional Maros Pangkep – Sulsel, Tumbuhkan Ekonomi Warga

0
566
Menparekraf Sandiaga Uno

Jakarta, NAWCITAPOST – Geopark merupakan sebuah Kawasan yang memiliki unsur-unsur geologi terkemuka seperti nilai arkeolog, ekologi dan budaya didalamnya. Indonesia dengan hamparan alam yang luas juga memiliki banyak Geopark yang bahkan sudah masuk dalam data UNESCO GLOBAL.

Baca Juga : Melihat Satwa Langka dan Wisata Alam Taman Safari Bogor, Ini Rutenya  

Menurut informasi yang dilansir dari indonesiabaik.id, pada 16 April 2018, UNESCO menambahkan 13 UNESCO Global Geopark baru dalam daftar tersebut yang kini berisi 140 kawasan tersebar di 38 negara. Dari 13 yang baru diresmikan oleh UNESCO, dua diantaranya berasal dari Indonesia, yaitu Ciletuh di Palabuhanratu (Sukabumi) dan Rinjani di Mataram (Lombok). Untuk sertifikatnya sendiri akan diserahkan oleh UNESCO pada September 2018.

Artinya, kekayaan alam Indonesia memiliki potensi untuk dikembangkan dan menjadi daya tarik sebagai tempat wisata yang dapat dikaji dari beberapa aspek seperti alam, sejarah, maupun lokasi untuk pembelajaran yang tidak bisa diabaikan begitu saja. Terlebih, dari potensi ini ekonomi masyarakat sekitar pun bisa ikut berkembang.

Sulawesi Selatan misal, sumber daya alam dari berbagai sektor tersedia disana. Sektor pertanian, dan pertambangan yang menghasilkan emas, timah hitam dan nikel. Menjadikan daerah ini digadang-gadang bakal menjadi lokasi baru dari Kawasan UNESCO Global Geopark.

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno dijadwalkan akan melakukan kunjungan kerja (Kunker) ke Sulawesi Selatan tepat hari ini, kamis 17 Juni 2021 untuk memberi dukungan terhadap proses penilaian Lapangan Tim Asesor UNESCO.

Mengutip terkini.id, General Manager Badan Pengelola Geopark Maros Pangkep, Dedi Irfan mengatakan, kunjungan Menparekraf Sandiaga Uno tersebut merupakan bentuk dukungan dan memberikan penguatan dari Kemenparekraf menuju proses Penilaian Lapangan Tim Asesor UNESCO yang direncanakan pada Juli 2021 mendatang.

Perlu diketahui, dengan kunjungan Menperkraf ke Sulawesi Selatan ini tentu ikut serta membantu meningkatkan perhatian masyarakat mengenai Kawasan Geopark Maros sehingga mampu menarik wisatawan lokal dan mancanegara untuk berkunjung. Hal tersebut tentu bisa menambah laju pertumbuhan ekonomi masyarakat, maupun tingkat permintaan konsumsi, investasi dan devisa negara.

(Reski Kurnia Ayuningsih)