Hebat! Garapan Anak Negeri, Film Nussa Go Internasional

0
610

Jakarta, NAWACITAPOST – Dengan bangganya Indonesia kembali membuat harum nama bangsa. Kali ini datang dari sebuah karya Fiilm Animasi Nussa hasil karya anak bangsa.

Film animasi Nussa resmi tayang perdana di 25th Bucheon International Fantastic Film Festival (BIFAN) selama 10 hari di Korea Selatan. Acara yang berlangsung selama 10 hari ini dimulai sejak 8 juli 2021 hingga terakhir hari ini, Jumat 18 Juni 2021.

BIFAN sendiri adalah festival film yang diselenggarakan setiap tahun di kota Bucheon, provinsi Gyeonggi. Berskala internasional, festival ini khusus menampilkan film bergenre horor, thriller, misteri, dan fantasi. Pertama kali di gelar tahun 1996, festival film ini masih berlangsung hingga saat ini.

Film produksi dari Visinema tersebut disutradarai oleh Bony Wirasmono, merupakan film animasi panjang yang digarapnya pertama kali. Sekaligus menjadi perwakilan dari Indonesia, Nussa masuk dalam kategori film keluarga.

Beberapa waktu lalu, Nussa sempat ramai di media sosial akibat kritik yang diluncurkan oleh Denny Siregar. Film Nussa ini dianggap sebagai film radikal dan mengandung ajaran islam yang keras. Namun kritik ini dibantah oleh Produser eksekutif film Nussa Angga Sasongko, Ia menjelaskan bahwa tidak ada keterlibatan pemuka agama dalam film animasi berlatar agama Islam ini.

Film Nussa bercerita tentang bocah laki-laki bernama Nussa yang menghadapi permasalahan batin, dimulai saat dirinya hendak memenangkan kembali lomba sains dan merayakan kemenangan tersebut bersama ayahnya. Namun ternyata ia harus berhadapan dengan Jonni, rival yang lebih unggul darinya. Cerita ini membuat nussa tumbuh menjadi anak yang berkepribadian dewasa.

Padahal sejatinya Nussa merupakan seorang anak yang mahir dalam sains karena obsesinya untuk menerbangkan roket. Selain cerdas, Nussa juga digambarkan sebagai anak yang taat pada orang tuanya.

(Reski Kurnia Ayuningsih)