www.nawacitapost.com

Jakarta, NAWACITAPOST.COM – Pecinta korea tentunya sudah akrab dengan makanan yang satu ini. Berbicara tentang makanan Korea, mungkin kimchi langsung terlintas dipikiran. Kimchi adalah salah satu makanan yang terbuat dari sayuran yang dibumbui dengan bawang putih, bubuk cabai dan jahe. Kimchi bisa dimakan segar atau setelah fermentasi. Kimchi juga bisa dimakan langsung sebagai lauk atau sebagai bahan pelengkap.

Tentunya makanan ini juga sudah sangat populer menjadi salah satu kuliner dari Korea. Bahkan ternyata kimchi punya berbagai macam jenis dilihat dari bahan dasar pembuatan kimchi tersebut. Mengutip dari TRAVELOKA, berikut adalah berbagai jenis kimchi yaitu:

  1. Baechu Kimchi

Dari semua jenis kimchi yang ada di Korea, baechu kimchi mungkin menjadi salah satu yang paling populer. Baechu kimchi adalah kimchi yang menggunakan sawi putih sebagai bahan utama dan seperti kimchi pada umumnya, menggunakan bubuk cabai, bawang putih dan minyak ikan sebagai balurannya sebelum akhirnya difermentasikan. Selain populer sebagai makanan pendamping pada prasmanan orang Korea, ukurannya yang besar membuat baechu kimchi juga cocok digunakan untuk makanan lain, di antaranya sup kimchi atau kimchi jjigae dan juga nasi goreng kimchi.

  1. Oisobagi Kimchi

Kimchi khas Korea cenderung memiliki rasa asam dan pedas, namun dengan hampir 100 jenis kimchi, kamu bisa menemukan kimchi dengan tekstur yang berbeda. Nah, oisobagi kimchi mungkin masuk ke dalam kategori ini karena kimchi yang satu ini menggunakan sayur mentimun sebagai bahan utama. Tentu, mentimun bukan satu-satunya sayuran yang digunakan dalam kimchi ini, setelah dilumuri dengan bumbu utama, mentimun diisi oleh berbagai sayur lain seperti lobak, sawi hingga wortel.

  1. Gat Kimchi

Jenis kimchi khas Korea yang satu ini masih satu keluarga dengan sayuran yang digunakan dalam baechu kimchi. Gat kimchi adalah jenis kimchi yang menggunakan sawi hijau sebagai bahan utama. Meskipun menggunakan bahan dasar yang sama menggunakan sawi, ada perbedaan yang cukup signifikan antara gat kimchi dan baechu kimchi. Gat kimchi memiliki rasa yang lebih asam dan minim kuah, jadi jika kamu juga menyukai kuah dari kimchi maka kimchi jenis ini mungkin bukan selera kamu. Gat kimchi sendiri adalah andalan atau ikon dari provinsi Cholla yang ada di Korea.

  1. Sseumbagwi Kimchi
Baca juga :  Radja Lan Keris, Menjadi Topik Tugas Akhir Mahasiswa Universitas Kristen Petra di Korea Selatan

Banyaknya varian kimchi secara logika menandakan bahwa semakin banyak jenis sayuran yang digunakan. Untuk kimchi yang satu ini, bahan yang digunakan cukup unik yaitu akar sayur selada. Disinyalir banyak khasiat, Sseumbagwi kimchi tidak cocok untuk semua lidah orang korea karena rasanya sangat pahit. Kombinasi antara asam, pedas dan pahit bercampur menjadi satu dalam kimchi yang satu ini.

  1. Yangbaechu Kimchi

Salah satu ciri khas kimchi adalah fermentasi, rasa asam dan pedas yang seimbang membuat makanan ini sangat cocok dicampur dengan nasi panas. Namun, orang Korea tidak selalu menyediakan kimchi dan tidak semua sayuran tersedia untuk dijadikan kimchi. Nah, ‘masalah’ ini terjawab dengan Yangbaechu Kimchi yang tidak mengalami proses fermentasi. Oleh karena itu, Yangbaechu Kimchi mempunyai julukan sebagai kimchi darurat.

  1. Chonggak Kimchi

Selain Baechu Kimchi yang sangat populer, ada lagi satu jenis kimchi yang juga jadi kesukaan orang Korea dan hampir sering ditemukan di berbagai rumah pribadi ataupun restoran Korea. Chonggak Kimchi adalah kimchi yang menggunakan lobak sebagai bahan utamanya, perbedaannya dengan Baechu Kimchi adalah tingkat kepedasan yang lebih pedas daripada Baechu Kimchi. Serupa dengan tekstur Oisobagi Kimchi, Chonggak Kimchi juga memiliki kecenderungan tekstur yang renyah.

  1. Bossam Kimchi

Dalam bahasa Korea, bossam memiliki arti sesuatu yang dibungkus atau dibalut. Untuk Bossam Kimchi sendiri mungkin adalah salah satu kimchi yang berbeda dibandingkan kimchi-kimchi lainnya. Tentu bahan utama jenis kimchi yang satu ini masih menggunakan sayur, namun ada juga bossam kimchi yang menggunakan buah-buahan, juga kacang-kacangan yang diberi bubuk cabai, bawang putih dan minyak ikan. Bahkan, ada bossam kimchi yang juga menggunakan makanan laut atau seafood. Dengan bahan-bahan yang beragam, tak heran kalau bossam kimchi dianggap sebagai salah satu kimchi yang proses pembuatannya paling rumit.

  1. Baek Kimchi
Baca juga :  Rafting Alias Arung Jeram di Asia yang Enak dikunjungi Pada Musim Panas

Tidak semua orang, termasuk orang Korea, suka dengan makanan pedas. Korea dianggap sebagai negara  bayak kulinernya yang cukup pedas, tetapi juga menawarkan pilihan kimchi non-pedas yang disebut Baek-kimchi. Mirip dengan Baechu-kimchi, ini adalah kimchi yang bahan utamanya adalah sayuran sawi putih. Perbedaannya adalah baek kimchi tidak menggunakan bubuk cabai sama sekali sehingga siapapun bisa memakannya, termasuk anak-anak.Selain tidak adanya bubuk cabai, baek kimchi juga menggunakan beberapa komposisi tambahan seperti pir Korea, jujube, kucai, lobak dan juga buah-buahan.