www.nawacitapost.com

Jakarta, NAWACITAPOST.COM – Pada dasarnya seafood sudah mengandung rasa yang gurih dan enak walaupun dimasak tanpa menggunakan bumbu yang bermacam-macam. Namun seiring dengan berjalannya waktu banyak inovasi saus yang beragam dalam penggunaan memasak seafood. Pecinta seafood tentu bisa memilih saus yang sesuai selera yang diinginkan.

Meskipun olahan saus antar warung tenda seafood hampir sama, namun rasa yang ditawarkan bisa jadi berbeda. Ini karena tiap warung punya racikan sendiri seperti komposisi penggunaan bahan hingga penambahan beberapa bahan tertentu untuk meningkatkan rasa. Mengutip dari detikfood, berikut ini adalah beberapa saus yang biasa menjadi pendamping seafood yaitu:

  1. Saus tiram

Saus bercita rasa gurih asin ini banyak dipakai dalam hidangan seafood, terutama kerang. Saus tiram terbuat dari tiram, tepung jagung, maizena, karamel, gula, air, dan bumbu lainnya. Di pasaran, saus tiram tersedia dalam dua versi yaitu saus tiram asli dari tiram segar dan saus tiram dari tiruan perasa beraroma tiram. Untuk membuat seafood saus tiram diperlukan bawang bombay, bawang putih, jahe, saus tiram, saus tomat, garam, gula pasir, merica, dan tepung maizena.

  1. Saus Padang

Udang atau kepiting paling pas diolah dengan saus Padang. Rasa pedas gurih jadi ciri khas saus berwarna merah oranye ini. Bumbu saus Padang terdiri dari bawang bombay, cabai iris, saus tiram, saus tomat, saus sambal, garam, merica, gula pasir, tepung sagu, air, dan minyak. Sementara bumbu halusnya terbuat dari cabai merah keriting, bawang putih, dan jahe. Beberapa penjual seafood juga menambahkan potongan nanas untuk memberi rasa asam segar. Langkah pembuatan saus Padang a la warung seafood tenda bisa dilihat di sini.

  1. Saus asam manis
Baca juga :  Tjahjo Kumolo, Sang Menteri Pujangga Puitis, Kolektor Barang Antik, Doyan Daging Kambing

Saus asam manis khas Tiongkok jadi menu populer di warung tenda seafood. Umumnya ikan gurame atau ikan kakap goreng tepung yang diolah dengan saus ini. Saus asam manis dibuat dari saus tomat, saus cabai, cabai merah, bawang putih, garam, gula pasir, dan tepung maizena. Umumnya seafood asam manis juga ditambahi irisan daun bawang, bawang bombay, wortel, nanas, atau paprika.

  1. Saus lada hitam

Saus lada hitam membuat hidangan seafood seperti ikan, kepiting, dan udang terasa pedas menggigit. Ciri utama hidangan ini terlihat dari butiran kasar lada hitam yang masih menempel pada seafood. Untuk membuat saus lada hitam diperlukan minyak sayur, bawang putih, bawang bombay, saus tiram, kecap asin, kecap manis, lada hitam, air, dan tepung kanji.

  1. Saus mentega

Gurihnya saus mentega membuat banyak orang menyukainya. Udang jadi seafood paling populer yang diolah dengan saus ini. Saus mentega dibuat dari mentega, bawang bombay, saus Inggris, kecap asin, kecap manis, dan garam.