www.nawacitapost.com

Jakarta, NAWACITAPOST.COMMakanan Jepang dan Korea kini di Indonesia sudah banyak bermunculan dengan berbagai macam jenis yang tersedia. Salah satunya yaitu Sushi dan Kimbab. Makanan ini adalah makanan dari dua negara yang berbeda yaitu Jepang dan Korea.

Jika melihat kedua makanan ini sekilas tentunya terlihat sama. Namun, meskipun keduanya tampak mirip karena sama-sama gulungan nasi yang dilapisi rumput laut, tentunya akan merasakan perbedaan dari kedua hidangan ini ketika disantap.

Selain terdapat perbedaan dari negara asalnya, makanan ini juga memiliki beberapa perbedaan lainnya. Melansir dari beberapa sumber, berikut ini adalah perbedaan antara sushi dan kimbab yaitu:

  1. Nasi yang digunakan

Kedua hidangan ini disajikan dalam bentuk nasi gulung yang dilapisi rumput laut atau nori. Namun, nasi yang digunakan tidaklah sama. Sushi umumnya menggunakan nasi putih biasa, sedangkan kimbab lebih bervariasi dengan menggunakan nasi putih, nasi merah atau quinoa.

  1. Bumbu

Nasi yang digunakan untuk dijadikan sushi biasanya diberi tambahan cuka beras, garam dan sedikit gula dengan proporsi tertentu untuk menambahkan cita rasa. Sementara itu, nasi yang digunakan pada kimbab diberi tambahan soy sauce dan minyak wijen sehingga aromanya lebih wangi.

  1. Isian

Isian menjadi hal yang sangat jelas membedakan antara kimbab dan sushi. Jika sushi biasanya disajikan dengan isian ikan mentah segar seperti salmon dan tuna, kimbab umumnya memiliki isian matang seperti daging bulgogi, bayam rebus yang diberi campuran biji dan minyak wijen, wortel, mentimun, telur dadar, acar lobak, dan kimchi.

  1. Variasi

Kimbab cenderung tidak memiliki banyak varian isi. Kimbab hanya menggunakan beragam nasi untuk menghadirkan tekstur yang berbeda-beda meski hanya dibuat menggunakan satu bentuk. Sementara itu, sushi memiliki variasi bentuk lebih beragam seperti Nigiri style, Maki Rolls, Gunkan Sushi, dan Sashimi. Selain itu, bahan yang digunakan juga beragam, mulai dari berbagai jenis daging ikan segar, seafood dan daging mentah, sayuran, hingga buah-buahan.

  1. Bentuk, rasa, dan tekstur
Baca juga :  5 Kesalahan saat Makan di Restoran All You Can Eat!

Sushi umumnya memiliki bentuk yang lebih kecil namun potongan yang lebih tebal, sedangkan kimbab memiliki diameter lebih besar dengan potongan lebih tipis. Sushi cenderung memiliki rasa asin dan sedikit manis, serta tekstur lebih lunak. Kimbab lebih renyah karena adanya sayuran seperti acar lobak, kimchi dan mentimun. Cita rasa yang ada pada kimbab akan berupa asam dari kimchi dan manis dari wortel dan daging di dalamnya.

  1. Bumbu pelengkap

Pecinta sushi sudah hafal bahwa umumnya bumbu pelengkap sushi terdiri atas acar jahe yang digunakan untuk mencuci mulut setiap selesai menyantap tipe ikan yang berbeda. Ada juga pelengkap lain seperti wasabi, kecap asin, dan sawi hijau. Sementara itu, Kimbab biasanya dilengkapi acar jahe kuning atau sayuran lainnya.