www.nawacitapost.com

Jakarta, NAWACITAPOST.COMKopi kini menjadi minuman yang bisa dinikmati kapan saja dan dimana saja. Bahkan kopi juga menjadi minuman kekinian karena dijual dari pedagang keliling hingga kafe menyediakan beragam jenis kopi. Tentunya kopi juga bisa dnikmati oleh segala lini usia dari muda hingga tua bahkan ada beberapa orang yang mengawali setiap harinya dengan segelas kopi.

Indonesia sendiri punya beragam jenis kopi yang bisa dinikmati secara sederhana maupun diolah dengan berbagai campuran. Makin banyaknya variasi olahan kopi terkadang bisa membuat bingung ketika memesan di suatu tempat kopi. Untuk mengindari kebingungan ketika memesan varian kopi, mengutip dari beberapa sumber berikut ini adalah beberapa jenis kopi yang bisa kamu pesan sesuai dengan keinginanmu yaitu:

  1. Espresso

Jenis minuman kopi yang pertama adalah espresso. Espresso adalah jenis minuman kopi yang sangat pekat. Meski sederhana dalam penampilan, espresso cenderung sulit untuk diminum bagi pemula karena rasanya yang pahit dan kental. Minuman espresso dapat disajikan sendiri atau digunakan sebagai dasar dari sebagian besar jenis minuman kopi, seperti latte dan macchiatos.

2. Latte

Jenis minuman kopi yang kedua adalah latte. Sebagai minuman kopi paling populer di dunia, latte terdiri dari espresso dan steamed milk dengan sedikit busa di atasnya. Latte bisa dipesan dalam bentuk dan rasa originalnya, atau dengan tambahan perasa mulai dari vanilla hingga kayu manis. Latte juga terkenal dengan latte art-nya, yakni seni menggambar bentuk atau pola di atas busa minuman ini.

  1. Cappucino

Jenis minuman kopi yang ketiga adalah cappuccino. Cappuccino adalah latte yang dibuat dengan lebih banyak busa (foam) daripada steamed milk, seringkali ditambah dengan taburan bubuk kakao atau kayu manis di atasnya. Terdapat juga variasi cappuccino yang menggunakan krim sebagai pengganti susu atau yang memberikan penambah rasa.

  1. Americano
Baca juga :  Mau Menikmati Restoran di Ketinggian 50 Meter? Lounge in The Sky Wajib Dicoba

Jenis minuman kopi yang keempat adalah americano. Dengan rasa yang mirip dengan kopi hitam, americano terdiri dari espresso shot yang diencerkan dengan air panas. Tips profesional khusus untuk Anda yang ingin membuat americano sendiri di rumah ialah, tuangkan espresso terlebih dahulu, baru tambahkan air panas.

5. Black Coffee

Jenis minuman kopi yang kelima adalah black coffee atau kopi hitam. Siapa sih yang tidak kenal dengan jenis minuman kopi yang satu ini? Kopi hitam terutama sangat disukai oleh orang-orang dewasa. Kopi hitam adalah jenis minuman kopi yang sederhana, dibuat dengan biji kopi bubuk yang direndam dalam air panas, dan disajikan hangat. Jika Anda ingin terdengar mewah, Anda bisa menyebut kopi hitam dengan nama aslinya, yakni cafe noir.