www.nawacitapost.com
Manfaat konsumsi yoghurt untuk kesehatan

Jakarta, NAWACITAPOST.COM Yoghurt adalah salah satu produk olahan susu yang terkenal akan kandungan probiotik di dalamnya. Probiotik baik untuk menjaga kesehatan sistem pencernaan. Namun, tak hanya probiotik, yoghurt juga memiliki beragam nutrisi yang baik untuk kesehatan tubuh. Makanan ini juga baik dikonsumsi oleh siapapun, tak terkecuali anak-anak dan ibu hamil.

Tentunya yoghurt punya banyak kandungan manfaat untuk kesehatan. Mengutip dari hellosehat.com, Beda dengan susu, mengonsumsi segelas yogurt sebanyak 100 gram dapat memberikan tubuh kandungan gizi setara dengan Energi: 52 kkal, Protein: 3,3 gram, Lemak: 2,5 gram, Karbohidrat: 4 gram, Vitamin A: 22 miligram, Thiamin (vitamin B1): 0,04 miligram, Riboflavin (vitamin B2):0,1 miligram, Niasin (vitamin B3): 0,2 miligram, Kalsium: 120 miligram, Fosfor: 90 miligram, Zat besi: 0,1 miligram, Natrium: 40 miligram, Kalium: 299 miligram dan Zinc: 0,6 miligram.

Dari adanya berbagai kandungan yang terdapat pada Yoghurt tentunya memberikan manfaat yang baik untuk kesehatan bagi yang mengonsumsinya. Mengutip dari Alodokter.com berikut ini adalah beberapa manfaat mengonsumsi yoghurt untuk kesehatan yaitu:

  1. Menjaga kesehatan pencernaan

Yoghurt mengandung probiotik atau bakteri baik yang berperan dalam melindungi kesehatan sistem pencernaan dari berbagai jenis penyakit, seperti diare, konstipasi, radang usus, dan bahkan dipercaya sebagai obat alami untuk hernia. Probiotik bekerja dengan cara menggantikan bakteri baik yang hilang dari dalam tubuh serta menyeimbangkan jumlah bakteri baik dan jahat yang hidup di sistem pencernaan. Dengan demikian, saluran pencernaan tetap berfungsi secara normal.

  1. Menjaga kekuatan tulang

Kandungan protein dan vitamin D di dalam yoghurt baik untuk meningkatkan kepadatan tulang. Hal ini menjadikan yoghurt baik dikonsumsi untuk mencegah masalah pada tulang, seperti osteoporosis. Selain itu, tekstur yoghurt yang lembut dan kental juga membuatnya mudah dicerna oleh tubuh, sehingga juga baik untuk dikonsumsi orang lanjut usia.

  1. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh
Baca juga :  Ibu dan Perempuan Menikah Dikabarkan Boleh Ikut Miss Universe Mulai 2023

Mengonsumsi yoghurt secara rutin dapat memperkuat sistem kekebalan tubuh. Hal ini karena kandungan probiotik di dalam yoghurt memiliki efek antiperadangan, sehingga mencegah tubuh dari berbagai penyakit, seperti infeksi virus dan radang usus. Yoghurt yang diperkaya dengan vitamin D juga terlihat memiliki potensi dalam mencegah penyakit, misalnya flu.

  1. Menurunkan dan mengontrol berat badan

Yoghurt termasuk makanan tinggi protein dan kalsium yang dapat mengurangi nafsu makan berlebih. Selain itu, yoghurt juga mengandung lemak sehat yang baik untuk tubuh. Tekstur yoghurt yang kental juga bisa membuat merasa kenyang lebih lama. Tak heran jika yoghurt menjadi makanan yang disarankan untuk menurunkan dan mengontrol berat badan.