www.nawacitapost.com

Jakarta, NAWACITAPOST.COM – Pasta adalah salah satu makanan khas italia yang kini terkenal hampir seluruh penjuru dunia termasuk di Indonesia. Makanan satu ini tentu rasanya tidak perlu diragukan lagi kelezatan cita rasanya. Terlebih lagi jika dipadukan dengan berbagai macam saus yang creamy atau jenis saus lainnya.

Berbicara berbagai jenis saus, ternyata pasta juga bisa dikombinasikan dengan berbagai jenis saus. Mengutip dari Kumparan, berikut ini adalah beberapa jenis saus yang bisa menjadi pilihan ketika ingin makan pasta yaitu:

  1. Bolognese

Ini dia saus pasta yang paling populer dan mudah ditemukan di Indonesia. Sesuai dengan namanya, Bolognese merupakan saus yang berasal dari kota Bologna, Italia. Bercita rasa gurih dengan sedikit sensasi asam saat disantap, saus Bolognese terbuat dari cacahan daging sapi, tomat, bawang bombay, dan rempah-rempah. Biasanya saus ini dikombinasikan bersama pasta jenis spaghetti atau angel hair dengan yang menyerupai mi pada umumnya.

  1. Aglio e olio

Aglio e olio dapat dikatakan sebagai saus pasta paling sederhana dan mudah dibuat di rumah. Terbuat dari minyak zaitun, bawang putih, daun parsley, dan keju parmesan, Aglio e olio memiliki cita rasa gurih dan asin yang mendominasi.

  1. Pesto

Pesto dapat dikatakan sebagai saus pasta yang paling sehat karena tidak melalui proses pemasakan sama sekali. Berwarna hijau terang dengan harum khas yang menguar, Pesto dibuat dari daun basil segar, minyak zaitun, bawang putih, dan keju parmesan yang dihaluskan hingga bertekstur halus seperti bubur.

  1. Carbonara

Carbonara merupakan saus putih yang sering disajikan bersama pasta berjenis penne atau fettucine. Bercita rasa gurih dengan tekstur creamy yang sangat lembut di lidah, Carbonara dibuat dari krim kental, bawang putih, keju parmesan, dan kuning telur yang dimasak bersama pasta hingga mengental.

  1. Alfredo
Baca juga :  Tips Cantik di Hari Raya

Sekilas saus putih ini terlihat sangat mirip dengan Carbonara yang creamy. Namun, Alfredo bertekstur lebih kental dibandingkan Carbonara serta memiliki cita rasa keju yang kuat. Alfredo terbuat dari mentega tawar, krim kental, cream cheese, keju parmesan, bawang, dan rempah-rempah khas Italia. Biasanya Alfredo dikombinasikan bersama pasta jenis spaghetti, penne, atau fettucine.

  1. Marinara

Proses pembuatan saus Marinara sebenarnya hampir serupa dengan Bolognese, hanya saja Marinara tidak menggunakan campuran daging cincang di dalamnya. Terbuat dari tomat segar yang dimasak hingga menjadi pasta, bawang bombay, bawang putih, minyak zaitun, dan rempah khas Italia, rasa tomat yang asam menyegarkan begitu terasa saat disantap.

  1. Mushroom cream sauce

Saus ini terbuat dari krim yang dimasak bersama dengan cacahan jamur kancing hingga mengental. Selain krim kental dan jamur kancing, bahan-bahan lain seperti mentega, bawang putih, parsley, dan rempah aromatik juga turut ditambahkan agar rasanya semakin menggoda selera.