www.nawacitapost.com

Jakarta, NAWACITAPOST.COMKeju adalah produk olahan susu yang bisa dikonsumsi baik sebagai camilan maupun diolah menjadi berbagai jenis makanan dan kue kering. Selain rasanya yang lezat, keju juga dikenal sebagai sumber nutrisi yang baik untuk kesehatan tubuh. Namun, masih banyak sebagian orang yang takut mengosumsi keju karena kandungan lemak dan garam di dalamnya. Padahal, jika kita mengkosumsi dengan tepat, keju memberikan manfaat yang baik untuk kesehatan.

Ragam manfaat yang dapat diberikan oleh keju tentu tak lepas dari kandungan nutrisi yang ada di dalamnya. Berikut ini adalah beberapa nutrisi yang terkandung di dalam keju seperti Karbohidrat, Lemak, Protein, Kalsium, Magnesium, Zinc, Fosfor, Vitamin A, Vitamin D, Vitamin B12. Tidak hanya itu, keju juga mengandung omega-3, asam amino sistein, serta beragam jenis antioksidan, seperti riboflavin, beta karoten, dan glutathione.

Adanya beragam kandungan pada keju tentunya memberikan banyak manfaat baik jika dikonsumsi dengan jumlah yang tepat pada tiap harinya. Mengutip dari Alodokter.com berikut ini adalah manfaat mengonsumsi keju untuk kesehatan yaitu:

  1. Menjaga kesehatan gigi

Manfaat keju yang pertama adalah menjaga kesehatan gigi dan tulang. Kalsium yang terdapat dalam keju memainkan peran yang penting dalam pembentukan gigi. Selain itu, makan keju juga dapat meningkatkan tingkat pH dalam plak gigi dan memberi perlindungan pada gigi berlubang.

  1. Meningkatkan fungsi pembuluh darah

Para ilmuwan menemukan bahwa sifat antioksidan yang dimiliki keju bisa melindungi tubuh dari efek negatif. Suatu studi juga menunjukkan bahwa pembuluh darah orang yang mengonsumsi keju susu berfungsi lebih baik daripada orang yang mengonsumsi kue pretzel.

  1. Menjaga kesehatan tulang

Kalsium, protein, magnesium, zinc, vitamin A, D, dan K yang terdapat dalam keju dapat mendorong perkembangan tulang yang sehat pada anak-anak dan dewasa muda. Selain itu, mengonsumsi keju juga dapat membantu mencegah osteoporosis.

  1. Mengurangi tekanan darah tinggi
Baca juga :  Legislator : Kenaikan BPJS Kesehatan Harus Dibarengi Peningkatan Mutu

Orang yang mengonsumsi lebih banyak keju, memiliki tekanan darah yang rendah. Kalsium dalam keju dapat membantu mengurangi tekanan darah. Akan tetapi, pilihlah keju yang rendah lemak dan natrium, seperti keju cottage atau parmesan. Sebab keju yang tinggi natrium dikhawatirkan malah membuat tekanan darah menjadi tinggi.

  1. Baik untuk pencernaan dan kolesterol

Manfaat keju selanjutnya adalah membantu menjaga sistem pencernaan. Keju merupakan makanan fermentasi yang membantu meningkatkan bakteri baik di usus sehat. Hal ini baik untuk kesehatan pencernaan Anda. Selain itu, keju juga memiliki pengaruh positif terhadap kadar kolesterol darah.

  1. Membantu kesehatan otak dan sistem kardiovaskular

Beberapa jenis keju, terutama yang terbuat dari susu sapi, mengandung asam lemak omega-3. Kandungan asam lemak omega-3 tersebut diyakini bermanfaat untuk kesehatan otak dan baik untuk sistem kardiovaskular.

  1. Membentuk sel tubuh yang sehat

Protein dibutuhkan untuk membangun dan memperbaiki sel-sel tubuh. Protein yang terkandung dalam keju pun dapat membantu membentuk sel tubuh yang sehat. Akan tetapi, jumlah protein yang direkomendasikan untuk setiap orang berbeda-beda, tergantung pada usia, berat badan, dan tingkat aktivitas.

  1. Membantu diet

Susu merupakan sumber kalsium dan potasium yang berguna sebagai mineral yang berperan penting menjaga tekanan darah. Selain itu, susu yang menjadi bahan dasar keju juga merupakan sumber protein yang dapat menjaga perut untuk tetap kenyang selama beberapa saat sehingga menghindari kemungkinan makan berlebih.