www.nawacitapost.com

Jakarta, NAWACITAPOST.COM – Indonesia memiliki puluhan jenis durian yang menyebar di seluruh Indonesia dan merupakan negara pemilik jenis durian terbanyak di dunia. Durian termasuk salah satu buah yang paling digemari di Indonesia. Penggemar buah berduri ini sangat banyak. Namun pembencinya pun tak sedikit. Pasalnya durian memang memiliki aroma yang sangat tajam. Bahkan disebut sebagai salah satu makanan paling bau di dunia.

Banyaknya jenis durian yang ada di Indonesia tentunya membuat buah ini melimpahnya buah ini di Indonesia. Adanya hal tersebut kini banyak jenis olahan dari bahan baku durian. Berikut ini rekomendasi kuliner durian yang bisa dicoba yaitu:

  1. Pancake Durian

Siapa yang tak kenal pancake durian? Panganan berisi vla durian yang dibungkus kulit crepes ini awalnya dipelopori oleh warga Medan. Kota Medan memang terkenal dengan duriannya yang murah dan lezat. Pedagang rumahan di Kota Medan yang bosan melihat durian yang hanya dijajakan dipinggir jalan dalam bentuk buah utuh mulai bermodifikasi dengan membuat olahan durian berupa pancake durian yang kini menjadi salah satu cemilan favorit di seluruh Indonesia.

  1. Sop Durian

Minuman yang sebenarnya masuk dalam kategori desert ini sangat mudah dijumpai. Mulai dari restoran bintang lima, kafe dan pedagang kaki lima banyak yang menjual minuman ini. Harganya tentu bervariasi, tetapi masih sangat terjangkau. Berbahan dasar daging durian segar, sop durian disajikan dengan berbagai topping. Minuman ini biasa disajikan dingin.

  1. Ketan Durian

Ketan durian merupakan panganan olahan durian yang sudah ada sejak zaman dahulu. Tak diketahui dengan pasti daerah mana dan siapa yang menciptakan makanan ini, tetapi sering dijumpai di rumah-rumah orang Sumatera. Makanan ini terdiri dari ketan yang disiram kuah santan beraroma durian, vla durian dan durian utuh. Di beberapa daerah di Indonesia, ketan durian memiliki berbagai variasi. Biasanya disajikan saat perayaan hari-hari besar. Pertemuan ketan yang berlemak dan daging durian yang legit menciptakan rasa nikmat dimulut yang membuat orang yang menyantapnya ketagihan.

  1. Ketan Talam Durian
Baca juga :  Walikota Padangsidimpuan Melakukan Peletakan Batu Pertama Pembangunan Rumah Produksi Olahan Salak

Ini adalah oleh-oleh khas Pekanbaru, Riau yang sedang banyak digemari. Terdiri dari ketan kukus yang dilapisi talam durian lembut. Makann ini termasuk jajanan kekinian yang sempat masuk nominasi Anugerah Pesona Indonesia (API) 2019 dalam kategori Makanan Tradisional Terpopuler di Nusantara.

  1. Es Teler Durian

Kedai yang menyajikan es teler biasanya juga punya menu es teler dengan tambahan daging buah durian. Ada beberapa cara untuk menyajikan es teler durian. Ada yang menggunakan daging buah durian utuh. Ada yang menggunakan durian yang sudah dilumatkan. Ada pula yang memakai daging buah durian lumat yang sudah dibekukan dan dipotong-potong.