www.nawacitapost.com

Jakarta, NAWACITAPOST.COM – Penyakit diabetes melitus ditandai oleh naiknya kadar gula di dalam darah. Penyebabnya bisa berkaitan dengan faktor keturunan hingga obesitas. Pencegahan diabetes tipe 1 sulit dilakukan karena berhubungan dengan faktor genetik. Sementara itu, diabetes tipe 2 yang umumnya bermula dari gaya hidup tidak sehat masih bisa dicegah.

Naiknya kadar gula dalam darah pada diabetes tipe 2 berawal dari kondisi resistensi insulin. Kondisi ini menyebabkan hormon insulin tidak dapat digunakan dengan optimal oleh sel-sel tubuh. Padahal insulin berfungsi membantu sel-sel tubuh menyerap gula darah (glukosa) untuk selanjutnya diubah menjadi energi. Mengutip dari sehatq.com berikut ini adalah cara yang bisa dilakukan untuk cegah gula darah tinggi yaitu:

  1. Cukupi kebutuhan cairan

Mencukupi kebutuhan cairan juga bisa jadi salah satu cara mengatasi gula darah tinggi yang paling sederhana. Pasalnya, mencukupi kebutuhan cairan terutama dengan air mineral dapat membantu ginjal membuang kelebihan gula yang terpendam di dalamnya, melalui urine. Selain itu, air juga dapat membantu sirkulasi darah dan mengurangi risiko diabetes. Perlu diingat, cairan yang paling baik untuk memenuhi kebutuhan harian adalah air mineral dan minuman tanpa gula lainnya.

  1. Perbanyak makan serat

Menambah asupan serat bisa jadi salah satu cara menyeimbangkan kadar gula darah yang efektif. Sebab, serat dapat membantu memperlambat penyerapan karbohidrat dan gula di tubuh, sehingga risiko diabetes pun dapat berkurang. Makanan yang termasuk tinggi serat, di antaranya sayur, buah, kacang-kacangan dan gandum.

  1. Olahraga teratur

Berolahraga secara teratur adalah salah satu cara menurunkan gula darah tinggi yang utama. Olahraga dapat meningkatkan kadar hormon insulin di dalam tubuh. Hal ini bisa membuat sel-sel di tubuh memanfaatkan gula yang terdapat di dalam aliran darah, dengan lebih efektif. Tidak hanya membantu menurunkan berat badan, olahraga pun dapat membantu otot untuk menggunakan gula dalam darah sebagai sumber energi. Jenis aktivitas untuk menurunkan gula darah di antaranya bersepeda, lari, jalan, angkat beban, dan berenang.

  1. Batasi asupan karbohidrat
Baca juga :  Kasus Covid Melonjak, Pemkot Depok Tunda Belajar Tatap Muka

Secara alami, tubuh akan memecah karbohidrat menjadi gula. Kemudian, insulin akan membawa gula ke dalam sel. Jika terlalu banyak mengonsumsi karbohidrat, proses tersebut akan terganggu. Maka, kadar gula darah meningkat. Mengurangi asupan karbohidrat bisa menjadi salah satu cara menurunkan kadar gula darah tinggi yang efektif. Untuk memulainya, Anda bisa menjalani pengaturan pola makan dengan mengganti nasi putih menjadi nasi merah atau mengurangi makan roti, gorengan, maupun cemilan lain yang terbuat dari tepung.

  1. Istirahat yang cukup

Tidur yang cukup perlu untuk turunkan gula darah Istirahat serta tidur yang cukup bisa membantu menurunkan gula darah. Kadar gula darah, umumnya akan meningkat saat pagi hari. Lalu, dengan bantuan insulin alami di tubuh, kadar tersebut akan kembali turun secara perlahan. Jika Anda kurang tidur, efeknya akan sama dengan resistensi insulin. Dimana insulin di tubuh tidak dapat berfungsi dengan baik. Hal ini membuat orang yang kurang tidur kadar gula darahnya dapat meningkat cukup tinggi.