www.nawacitapost.com

Jakarta, NAWACITAPOST.COM – Orang kaya atau konglomerat tentunya memiliki  jenis bisnis yang berbeda, termasuk bisnis perawatan kesehatan seperti Rumah Sakit. Bisnis rumah sakit juga merupakan salah satu bisnis yang menjanjikan. Fasilitas kesehatan adalah salah satu hal yang sangat dibutuhkan oleh masyarakat.

Bisnis fasilitas kesehatan terutama rumah sakit bisa dibilang merupakan bisnis yang tak ada matinya. Mengingat kesehatan adalah hal penting bagi semua orang dan semua kalangan. Selama ada orang sakit, pasien rumah sakit akan terus berdatangan. Selain rumah sakit besar yang dimiliki pemerintah, banyak rumah sakit besar yang juga dimiliki para konglomerat. Selain mengejar keuntungan, mendirikan rumah sakit sering kali jadi ajang para konglomerat untuk tujuan amal atau membantu sesama. Mengutip dari finance.detik.com berikut ini adalah beberapa orang kaya yang memiliki rumah sakit mewah yaitu:

  1. Dato Sri Tahir

Dato Sri Tahir adalah pemilik Grup Mayapada, perusahaan konglomerat di di berbagai bidang mulai dari perbankan, real estat hingga perawatan kesehatan seperti Rumah Sakit Mayapada atau Mayapada Hospital. Mayapada Hospital adalah salah satu rumah sakit swasta yang didirikan oleh Healthcare Group pada 1 Juni 2008 lalu, setelah mengakuisisi Honoris Hospital di kawasan hunian eksklusif Modernland Tangerang.

Rumah sakit itu juga menyediakan pelayanan kesehatan berstandar internasional, dengan bekerja sama dengan National Health Care Group Singapore. Dato Sri Tahir menempati urutan ke-16 dalam daftar Forbes 2021 sebagai orang terkaya di Indonesia, dengan kekayaan US$ 2,4 miliar atau Rp 35 triliun. Istri Dato Tahir, Rosy adalah putri taipan Indonesia Mochtar Riady.

  1. Mochtar Riady

Mochtar Riady adalah pendiri Lippo Group. Saat ini bisnis Lippo Group meliputi real estat, ritel, perawatan kesehatan, media, hingga pendidikan. Mochtar Riady masuk dalam daftar orang terkaya Forbes 2021 menduduki peringkat 23, dengan kekayaan US$ 1,7 miliar atau Rp 24,77 triliun. Awalnya, bisnis rumah sakit Mochtar Riady didirikan melalui bendera Siloam Group, yang telah menjadi perusahaan terbuka PT Siloam International Hospitals Tbk.

Baca juga :  Pemerintah Sepakati Kerjama Pembangunan Pelabuhan Patimban, Subang Dengan Jepang

Pada awal mendirikan Rumah Sakit , Mochtar Riady bekerja sama dengan Gleneagles, yang merupakan perusahaan jaringan rumah sakit di Singapura, dengan membangun RS Gleneagles. Namun, setelah Gleneagles memutuskan tidak melanjutkan kerja sama, Mochtar Riady tetap melanjutkan bisnis rumah sakit dengan mengubah nama menjadi Rumah Sakit Siloam, yang saat ini sudah tersebar di wilayah Indonesia.

  1. Boenjamin Setiawan

Boenjamin Setiawan menjadi salah satu orang terkaya pemilik bisnis rumah sakit di Indonesia. Boenjamin Setiawan adalah sosok pendiri Rumah Sakit Mitra Keluarga pada tahun 1989. Pria kelahiran 23 September 1933 di Tegal, Jawa Tengah itu akrab dipanggil dengan Dr Boen.

Boen sendiri masuk dalam orang terkaya ke-8 di Indonesia dalam daftar Forbes tahun 2021, dengan total kekayaan sebesar US$ 4,2 miliar dolar atau lebih dari Rp 61 triliun. Boen juga diketahui merupakan pendiri perusahaan farmasi Kalbe Farma pada 1966, sekaligus mengendalikan mitra keluarga yang mengoperasikan 25 rumah sakit.