Nawacitapost.com

Jakarta, NAWACITAPOST.COM – Perusahaan startup sudah semakin meningkat jumlahnya. Kebutuhannya untuk merekrut karyawan seringkali berbeda dibanding perusahaan korporat.

Beberapa  Perusahaan startup telah membuka lowongan pekerjaan baru bagi para pencari kerja  yang sudah berpengalaman ataupun bagi seorang  fresh graduate.

Memang bekerja di sebuah perusahaan startup akan menjadi impian tersendiri bagi sebagian besar kaum muda yang kreatif. Karena memang perusahaan ini dinilai akan jadi lebih fleksibel jika dibandingkan dengan perusahaan konvensional.

Contohnya adalah tentang ketentuan jam kerja. Bagaimana cara berpakaian di dalam kantor, dan juga bagaimanakah hubungan yang terjalin antara rekan kerja dapat dikatakan begitu fleksibel.

Dilansir dari Ekrut Media, Apabila Anda ingin menjadi seorang karyawan startup maka tipe karyawan, di bawah ini wajib untuk Anda ketahui:

  1. Bersikap Mandiri

Setiap karyawan yang bekerja di perusahaan startup harus memiliki tanggung jawab yang cukup besar, karena terbatasnya sumber daya baik sumber daya manusianya maupun dana.  Sehingga nantinya Anda dapat mengatur waktu Anda sendiri dalam menyelesaikan pekerjaan,

Jika kamu mau bekerja di perusahaan startup, kamu harus bisa bekerja dengan tanggap dan cepat mesti tidak selalu diawasi, maka dari itu kamu harus bisa bekerja secara mandiri di perusahaan startup

  1. Selalu Optimis

Setiap perusahaan startup akan memiliki pengalaman dan kegagalan, maka dari itu mereka membutuhkan seseorang yang mau berjuang sampai akhir dan loyal.

Selain itu seseorang yang optimis juga dianggap dapat memberikan pengaruh yang baik untuk rekan kerjanya. Fungsi utamanya adalah untuk mendorong rekan tim sehingga perusahaan memiliki lingkungan yang positif.

  1. Dapat Bekerjasama dengan Tim

Memiliki kemampuan membangun kerja sama tim dengan baik sangat dibutuhkan di setiap perusahaan termasuk startup. Di mana di dalam sebuah startup setiap karyawannya diharap dapat aktif saling bekerja membangun perusahaan.

Baca juga :  Elis Juliawati, Seorang Ibu Melahirkan di Dalam Bus di Tol Sentul

Mereka yang memiliki kemampuan membangun kerja sama tim juga umumnya memiliki kemampuan komunikasi yang baik dan dapat membuat dengan rekan kerja lainnya. Di mana hal ini akan sangat membantu kelancaran proses kerja.

  1. Fleksibel

Saat mendirikan perusahaan startup, mereka akan melakukan uji coba terhadap model bisnis yang dibuat hingga mendapatkan yang paling tepat. Maka dari itu tak heran jika perusahaan startup merupakan perusahaan yang dinilai dinamis.

Startup bisa bergantinya arah atau model bisnis dalam waktu yang singkat, maka dari itu mereka mengharapkan karyawan yang mudah beradaptasi, fleksibel, dan siap siaga untuk mengikuti alur kerja yang diubah oleh perusahaan.

  1. Multi-tasker

Startup umumnya belum memiliki cukup banyak dana untuk merekrut karyawan dalam jumlah banyak. Terlebih lagi ada beberapa profesi yang sulit ditemukan, sehingga tak sedikit dari mereka yang lebih memilih untuk menunjuk karyawan yang sudah ada untuk mengerjakan hal lain di luar job description awal.

Itulah mengapa, kemampuan multi-tasking termasuk cukup banyak diinginkan oleh beberapa startup.

  1. Kreatif

Tipe karyawan startup selanjutnya kebanyakan merupakan sosok kreatif. Sebagaimana kita ketahui bahwa beberapa perusahaan startup kerap memiliki keterbatasan sumber daya. Akan tetapi dengan kreatvitas yang dimiliki oleh tim, keterbatasan itu tidak menjadi masalah berarti.

 

Dengan kreativitas yang dimiliki, karyawan dapat mengumpulkan ide-ide yang menarik diaktulisasikan bersama tim hingga bisa menjadi model bisnis yang baru.

Tipikal karyawan seperti ini yang banyak dibutuhkan dalam dunia startup, lantaran mampu memberikan inovasi bagi perusahaan.