nawacitapost.com
nawacitapost.com

Jakarta, NAWACITAPOST.COM – Minum kopi sebagai pembuka hari tentunya kini telah menjadi kebiasaan baru yang dilakukan banyak orang saat ini. Tidak hanya yang punya usia lanjut tapi kini kopi juga banyak dinikmati para kawula muda. Kopi merupakan minuman yang kini telah mendunia.

Setiap belahan dunia dimana pun, memiliki style mereka sendiri dalam menikmati secangkir kopi. Jika ditanya jenis minuman kopi apa yang pertama kali kita kenal mungkin jawabannya adalah kopi hitam. Kopi hitam tentu punya beberapa bagian yang terbagi atas beberapa nama seperti Americano dan Long Black.

Karena punya tampilan yang mirip tentu kadang penyajian kopi tersebut dianggap sama padahal sebenarnya berbeda. Americano tentu berbeda dengan long black yang membedakannya sebenarnya sederhana saja yaitu cara penyajiannya. Cara menyajikan adalah espresso disiapkan terlebih dahulu lalu menambahkan air panas setelahnya.

Hasil Americano biasanya nyaris tak meninggalkan krema di permukaan cangkir. Hal tersebut dikarenakan espresso yang diguyur air panas sehingga memecah krema yang ada pada espresso. Hal inilah perbedaan paling jelas antara Americano dan long black. Krema pada permukaan cangkir adalah yang membedakan kedua jenis kopi hitam ini.

Sedangkan pada long black minuman ini disajikan dengan menyiapkan air panas terlebih dahulu lalu setelah itu dituangkan espresso ke dalamnya. Long black identik dengan sisa krema yang berada di permukaan kopi. Karena menuangkan air panas terlebih dahulu sebelum espresso maka krema yang berada di atas kopi tetap utuh berada di permukaan cangkir. Ini yang menyebabkan long black berbeda dengan jenis kopi hitam lainnya.

Baca juga :  Kamu Suka Ngopi? 5 Tempat Ngopi di Sarinah Yang Bisa Kamu Coba