nawacitapost.com
nawacitapost.com

Jakarta, NAWACITAPOST.COMSoto adalah salah satu kuliner dari Indonesia yang sangat populer. Saking populernya soto, banyak daerah di Indonesia yang menciptakan variasi soto sesuai dengan daerahnya masing-masing. Jenis makanan kuah yang paling dasar dengan kuah bening hingga dengan kuah santan cocok dinikmati pagi, siang, bahkan malam hari.

Setiap daerah punya soto dengan ciri khas cita rasa yang unik. Selain itu, soto juga punya sebutan yang beda di tiap daerah seperti coto, sauto, dan lain sebagainya. Banyak jenis varian soto di Indonesia kadang bingung milih menu makanan soto untuk tiap harinya? Berikut rekomendasi soto khas dari daerah yang ada di Indonesia harus kamu coba, Yukk simak macam-macamnya!

  1. Soto Medan
nawacitapost.com
nawacitapost.com

Jenis soto ini dikenal dengann kuah santannya yang kental dan berwarna kuning. Rasa dan aroma rempah-rempah dari soto ini terasa sangat kental sehingga menambah kenikmatan dalam hidangan ini. Bahan utama penyajian hidangan ini bisa menggunakan daging ayam atau sapi dengan isian yang terdiri dari perkedel kentang, telur, emping, tomat, tauge, bihun, dan taburan bawang goreng.

  1. Soto Lamongan
nawacitapost.com
nawacitapost.com

Saking populernya soto ini dapat ditemukan hampir di semua pulau jawa. Ciri khas soto ini adalah taburan bubuk koya di atas soto yang menambah cita rasa gurih saat menyantapnya. Bubuk koya sendiri terbuat dari campuran bawang goreng dan kerupuk udang. Kuah soto lamongan tidak menggunakan santan sehingga lebih ringan ketika disantap. Isian soto ini disajikan dengan suwiran daging ayam, tauge, dan kol tidak lupa juga dihidangkan bersama nasi putih hangat.

  1. Soto Mie Bogor
nawacitapost.com
nawacitapost.com

Jika umumnya soto menggunakan bihun tapi soto mie bogor ini justru menggunakan mie kuning. Isian dari soto ini terdiri dari daging sapi, tomat, risoles, dan mie kuning tentunya. Kuah yang digunakan kuah bening karena tidak menggunakan santan. Soto ini juga cocok disantap bersama nasi putih hangat.

  1. Soto Banjar
Baca juga :  Mengenal Joji Penyanyi Lagu “Glimpse of Us” Yang Bikin Overthinking Netizen
nawacitapost.com
nawacitapost.com

Hidangan ini berasal dari Banjarmasin. Mempunyai kuah berwarna bening yang berisi daging ayam, perkedel kentang, telur rebus. Saat disajikan kamu bisa langsung mencium aroma rempah seperti kayu manis, biji pala, dan cengkeh. Jika biasanya menyantap soto dengan nasi, soto banyak paling pas dinikmati bersama lontong atau ketupat.

  1. Coto Makassar
nawacitapost.com
nawacitapost.com

Di Makassar sendiri, soto punya penyebutan yang beda yakni Coto Makassar. Warna kuah Coto Makassar ini sangat unik dan khas karena rempah yang digunakannya serta terbuat dari rebusan jeroan sapi. Penyajian hidangan ini dengan mangkuk kecil daging sapi ditambah kacang goreng, daun seledri, daun bawang, bawang goreng serta irisan ketupat atau burasa khas Makassar.