nawacitapost.com
nawacitapost.com

Jakarta, NAWACITAPOST.COM – Bulan Ramadhan adalah salah satu bulan yang istimewa utamanya untuk yang menjalankan puasa. Keberadaaan buah kurma tentunya meroket saat bulan Ramadhan datang, selain mempunyai manfaat yang terkandung di dalamnya kurma juga bagian dari sunnah rasul untuk dikonsumsi saat berbuka puasa.

Kurma punya banyak varian seperti rasa, tekstur, sampai negara penghasilnya sehingga harga yang ada pun macam-macam dari harga yang paling murah hingga harga paling mahal. Mengutip Suara.Com berikut ini lima jenis kurma paling mahal yang ada di dunia:

  1. Kurma ajwa jenis terbaik dari semua varietas kurma. Punya ciri khas warna cokelat tua kehitaman dengan rasa manis dan tekstur yang lembut saat digigit.  Dianggap punya manfaat untuk kesehatan jantung, tulang dan gigi, serta baik bagi penderita diabetes dan wanita hamil. Waktu terbaik untuk mengonsumsi kurma ini konon ketika pagi hari dan antara waktu makan berat. Harga jual kurma Ajwa di dunia mencapai 100 riyal atau setara Rp392 per kilogram.
  2. Kurma amber memiliki bentuk yang lebih lonjong dan warnanya yang lebih terang dengan gurat pada kulit buah yang jelas. Mempunyai daging buah yang tebal dan kering serta kaya nutrisi seperti protein, mineral dan serat. Biasanya dihargai 100 riyal atau setara Rp382 ribu per kilogram.
  3. Kurma Sukkari memiliki tekstur yang renyah dan memiliki cita rasa yang manis sehingga kerap dijadikan topping hidangan penutup, isian roti, campuran kue atau bahkan dijus dan jadi salad buah. Kurma ini dapat dijual maksimal dengan harga 80 riyal stau setara Rp314 ribu per kilogram.
  4. Kurma medjool dikenal dengan “ratu kurma” karena ukuran yang besar, rasa yang manis dan tekstrur yang lembut. Jenis ini salah satu varian yang popular di timur tengah dan sering untuk diet sehat karena kandungan kalsium dan zat besinya yang tinggi. Jenis ini tidak disarankan untuk pengidap diabetes karena kandungan gulanya. Jenis ini dijual dengan harga sekitar 70 riyal atau Rp274 ribu per kilogram.
  5. Kurma bahri ini memiliki bentuk dan warna yang unik karena berbeda dengan kebanyakan kurma yang berwana cokelat kehitaman justru kurma ini punya warna kuning yang cerah. Bentuknya yang bundar membuat sekilas tampak seperti buah duku atau kelengkeng dengan tekstur rasa yang renyah dan manis seperti caramel. Kurma ini mengandung nutrisi seperti serat, zat besi, kalium, vitamin B dan antioksidan. Biasa dijual beserta tangkainya dengan harga 50 riyal atau Rp196 per kilogram.
Baca juga :  Manfaatkan Lahan Beranggang, WBP Lapas IIA Metro Sukses Panen Sayuran