nawacitapost.com

Jakarta, NAWACITAPOST.COM – Makanan tentunya memiliki berbagai macam kandungan di dalammnya yang bisa memenuhi kebutuhan untuk tubuh. Makanan dengan porsi banyak belum tentu bisa buat kenyang atau memenuhi kebutuhan tubuh.

Penyebab orang sering merasa lapar yaitu pemilihan makanan yang tidak tepat sehingga makanan yang dikonsumsi tidak memberikan manfaat seutuhnya kepada tubuh.Tentunya konsumsi makanaan yang bisa membuat kenyang lebih lama sangat diperlukan oleh seseorang terlebih jika sedang melakukan ibadah puasa.

Beberapa jenis makanan yang dapat memberi efek kenyang juga bisa dimanfaatkan untuk mengurangi kegemukan untuk mendapat berat badan yang ideal. Melansir hellosehat.com ada macam-macam makanan yang bisa tahan lapar lebih lama yaitu:

  1. Kentang Rebus

Kentang masuk dalam kelompok karbohidrat kompleks. Tubuh mencerna karbohidrat kompleks lebih lama daripada karbohidrat sederhana. Proses pencernaan karbohidrat komplek menyebabkan pelepasan glukosa sebagai sumber energy menjadi lebih stabil dan bertahan lama. Sehingga hal itu kentang rebus juga bisa menjadi pilihan sumber karbohidrat bagi yang yang sedang menurunkan berat bardan.

  1. Telur

Telur mengandung kombinasi yang tepat dari protein dan lemak sehingga akan mengenyangkan dibandingkan dengan makanan lain. Bagian kuning telur terkenal dengan tinggi kolesterol juga tidak akan meningkatkan kadar kolesterol darah. Sebaliknya kuning telur kaya akan lemak yang menyehatkan, vitamin, mineral, dan antioksidan yang banyak manfaat untuk tubuh.

  1. Alpukat

Alpukat salah satu buah yang bisa menjadi penunda lapar karena punya serat yang tinggi. Selain serta yang tinggi alpukat juga kaya akan lemak. Sebagian besar lemak pada alpukat adalah asam lemak tak jenuh yang punya manfaat bagi tubuh. Alpukat juga cocok untuk orang yang sedang menurunkan berat badan.

  1. Kacang kedelai
Baca juga :  Eks Istri Almarhum Herman Seventeen, Juliana Moechtar Resmi Dinikahi Perwira TNI

Kacang kedelai mengandung banyak protein dan serat sehingga bisa jadi makanan penunda lapar. Pencernaan zat yang ada dalam kacang kedelai cukup panjang sehingga bisa membuat kenyang lebih lama. Produk olahan kacang kedelai juga bisa menjadi pilihan seperi konsumsi tempe atau tahu.

  1. Daging rendah lemak

Daging rendah lemak tidak mengandung banyak kalori. Konsumsi makanan tinggi protein juga dapat mengendalikan nafsu makan dan menurunkan asupan kalori harian. Konsumsi daging rendah lemak bisa membantu mencapai berat badan ideal dan bahkan kuat puasa karena membuat kenyang lebih lama.