nawacitapost.com

Jakarta, NAWACITAPOST.COM – Banyak kelezatan khas makanan yang hanya bisa ditemukan di daerah tertentu saat bulan Ramadan. Salah satu makanan khas tradisional tersebut yaitu Barongko. Biasanya barangko juga bisa menjadi incaran menu buka puasa atau takjil. Tidak sedikit orang yang rela meluangkan waktu untuk mencari makanan tradisional Ramadan tersebut.

Barongko adalah makanan khas Bugis dan Makassar yang bahan utama dari pisang yang dihaluskan, telur, santan, gula pasir, dan garam. Dengan pembuatan dibungkus daun pisang dan dikukus. Lantaran dibungkus dengan daun pisang, tentunya akan menambah aroma harum pada barongko. Mempunyai tekstur yang lembut dan rasa yang manis barongko merupakan salah satu sajian yang bisa disajikan untuk buka puasa yang tepat. Cita rasa yang manis dan gurih membuat orang tidak puas jika hanya makan satu bungkus saja.

Orang Bugis dan Makassar memandang makanan tradisional ini bukan hanya sekedar tradisinal biasa saja melainkan terdapat nilai filosofi di dalamnya. Setiap pelaksanaan upacara adat atau kegiatan resmi lainnya, barangko senantiasa ada untuk menjamu tamu kehormatan.

Melansir dari kebudayaan.kemdikbud.go.id Barongko adalah singkatan dari barangku mua udoko (bahasa Bugis), yang artinya barangku sendiri yang kubungkus. Maksudnya, adonan yang bahan bakunya adalah pisang, juga dibungkus dengan daun pisang . Bagi orang Bugis dan Makassar, istilah tesebut sangat mendasar dan memiliki nilai filosofi. Nilai utama dalam budaya Bugis dan Makassar adalah siri’ (harga diri). Jadi, membungkus atau menjaga harga diri merupakan amalan dari nilai siri’. Tujuannya adalah untuk menjaga harkat dan martabat diri sendiri dan keluarga.

Barongko adalah salah satu warisan budaya tak benda Indonesia. Penetapan ini diberikan pemerintah Indonesia melalui Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan bernomor 60128/MPK.E/KB/2017. Tujuannya adalah untuk memberikan rasa identitas bagi masyarakat pemilik budaya tersebut, dan menghindari diklaim oleh negara lain.

Baca juga :  Rekomendasi Makanan Khas Bogor Yang Bisa Kamu Jadikan Ide Menu Makan Siang