Outfit Presiden dan Wapres di Sidang Tahunan MPR RI Curi Perhatian !

0
1272

Jakarta, NAWACITAPOST – Pidato kenegaraan Presiden Joko Widodo (Jokowi) bersama MPR dan DPR di Senayan yang disiarkan secara langsung dengan virtual, sebagai laporan pertanggungjawaban kinerja Presiden dan Lembaga Negara. Dalam kehadirannya, presiden Jokowi tampil unik dengan menggunakan pakaian adat suku Baduy.

“Busana yang dipakai Presiden adalah pakaian adat Suku Baduy, yang berada di Kabupaten Lebak, Provinsi Banten,” ujar Staf Khusus Kementerian Sekretariat Negara Faldo Maldini kepada wartawan, Senin (16/08/2021)

Kehadiran Jokowi tersebut disambut langsung oleh Ketua MPR RI Bambang Soesatyo, Ketua DPR RI Puan Maharani, dan Ketua DPD La Nyalla Mattalitti yang terlebih dulu hadir dalam kegiatan ini.

Jokowi dengan balutan khas suku asli Banten itu sebagai bentuk penghormatan dari adat dan nilai luhur suku Baduy yang masih lestari hingga saat ini.

“Presiden @Jokowi memilih menggunakan pakaian adat suku Baduy sebagai bentuk penghormatan dan penghargaan pada keluhuran nilai2 adat dan budaya suku Baduy,” cuit akun Kantor Staf Presiden di @KSPgoid, Senin (16/08/2021)
Disamping itu Wapres Ma’ruf Amin memilih pakaian adat Suku Mandar asal Sulawesi Barat sebagai outfit hari ini. Pakaian adat pria Suku Mandar yang dikenakan Wapres tampak sederhana dilandasi alasan filosofis bahwa pria Mandar harus gesit dan cekatan dalam bekerja.
Ma’ruf menggunakan perpaduan jas dan celana hitam dengan kain sarung tenun warna merah bercorak khas Mandar yang digunakan sebagai ikat pinggang. Serta penutup kepala yang disebut songkok tabone.