Ciri- Ciri Orang Songong Alias Sombong

NAWACITAPOST- Sombong memang salah satu sikap manusia. Sikap jelek satu ini tentu bikin jengah dan kesal. Bagaimana tidak, kita pasti bakal merasa sebel ketika ada teman atau kerabat yang pamer secara berlebihan. Tapi kamu wajib waspada karena virus sombong ini bisa menyerang siapa saja.

Berikut 7 tanda di bawah ini, jika kamu melakukannya berarti tanpa sadar kamu sudah bersikap sombong kepada orang lain. Apa saja ya kira-kira?

Pertama. Apapun topik pembicaraannya, selalu berakhir membicarakan diri sendiri.

Apapun topik pembicaraannya, selalu berakhir membicarakan diri sendiri.

Ini salah satu cara mengidentifikasi virus sombong. Biasanya orang yang sombong lebih cenderung suka membicarakan mengenai dirinya sendiri. Parahnya lagi, apapun topik pembicaraan yang sedang dibicarakan dengan orang lain bakal berbelok ke diri sendiri.

Baca Juga : 4 Tanda Wanita Sedang Mengalami Orgasme

Misalnya nih, kamu dan teman-teman sedang membicarakan mengenai pertandingan bola di Manchester. Lalu tiba-tiba kamu bilang “Eh iya aku punya sodara lho yang ada di sana.” atau “Ah, Manchester gak enak panas banget, aku pernah ke sana summer tahun lalu.” Informasi yang sebenarnya gak penting ini bikin orang lain jengah karena secara gak langsung kamu sudah sesumbar.

Kedua. Orang lain wajib tahu orang-orang penting yang ada di dalam pergaulan.

Orang lain wajib tahu orang-orang penting yang ada di dalam pergaulan.

Mungkin kamu memang gak pamer kelebihan atau harta yang kamu miliki, tapi kamu gemar bercerita tentang orang-orang penting yang ada di lingkup pergaulan. Misalnya saja gak ada angin gak ada hujan kamu tiba-tiba berkata, Eh tanteku kerja di DPR lho. Atau Kemaren saudaraku kepilih jadi wakil Indonesia di ajang bla bla bla.

Sikap ini juga jadi tanda kalo kamu suka bercerita mengenai kelebihan orang-orang di sekitarmu. It’s okay kalau kamu gak melakukannya terlalu sering, tapi kalau terus-terusan dijamin orang di sekitarmu bakal bosan.

Baca juga :  Manfaat Rutin Minum Air Hangat di Pagi Hari

Ketiga. Kamu mengeluh sih, tapi mengeluh sembari pamer.

Ketiga, Kamu mengeluh sih, tapi mengeluh sembari pamer.

Pamer yang dibungkus dengan keluhan mungkin tanpa disadari sering dilakukan oleh banyak orang. Kamu mungkin memang sedang mengeluh karena ada hal yang gak sesuai dengan maumu, tapi jika kemudian kamu menambahinya dengan hal yang berlebihan tentu ini sama saja dengan pamer. Misalnya. Aduh pacarku nih ngapain sih tiba-tiba ke sini sambil bawain bunga, kan aku gak minta. Kesel deh!” Honestly, lebih kesel lagi temenmu yang dengerin sih.

Keempat. Kamu gak respek dengan cerita atau pencapaian orang lain karena merasa cerita hidupmu lebih menarik.

Kamu gak respek dengan cerita atau pencapaian orang lain karena merasa cerita hidupmu lebih menarik.

Ini juga salah satu ciri kalo kamu sombong. Kamu merasa cerita yang disampaikan orang lain itu gak menarik karena kamu punya cerita yang lebih hebat. Mungkin kamu gak mengutarakannya, tapi kamu sudah merasa superior daripada temanmu dan ini bisa jadi tanda bibit kesombongan mulai tumbuh di dalam dirimu.

Kelima. Merasa bangga dengan pencapaian diri sendiri atau keluargamu dan orang lain wajib tahu.

Merasa bangga dengan pencapaian diri sendiri atau keluargamu dan orang lain wajib tahu.

Bangga tentu boleh saja, tapi gak perlu mewajibkan semua orang untuk tahu pencapaianmu dan pencapaian keluargamu. Lama-lama mereka bakal muak jika kamu selalu bercerita mengenai hebatnya pencapaianmu dan keluarga atau kerabatmu. Tentu saja temanmu bakal malas mendengarkan kepongahanmu.

Keenam. Orang lain harus tahu setiap hal kecil yang kamu alami di hidupmu.

Orang lain harus tahu setiap hal kecil yang kamu alami di hidupmu

Ceritakan segala sesuatu sesuai porsinya. Kamu gak harus kok menjabarkan segala detail kecil yang sudah terjadi di hidupmu. Tentu saja orang lain bakal merasa terganggu karena kamu memberikan informasi yang berlebihan. Gak heran kamu juga bakal dicap sombong karena sikapmu ini.

Ketujuh. Menyepelekan kemampuan orang lain.

Menyepelekan kemampuan orang lain.

Selain merasa superior, menyepelekan kemampuan orang lain juga salah satu bibit sombong. Tanpa sadar kamu sudah mengerdilkan orang lain karena merasa lebih baik dari mereka. Hati-hati karena hal ini juga membuatmu bakal dijauhi orang terdekatmu.

Baca juga :  Rekomendasi Film Horor Yang Tayang Juli 2022, Catat Judulnya!

Jadi, ada berapa hal yang sering kamu lakukan tanpa sadar?