Ciri-ciri Vagina yang Sehat

0
2030
Ciri-ciri Vagina yang Sehat

NAWACITAPOST- Menjaga kesehatan vagina merupakan hal yang penting bagi kaum hawa. Hal ini dikarenakan vagina memiliki banyak fungsi, seperti untuk pembuangan urine, berhubungan intim, atau jalan untuk melahirkan. Tetapi, tahukah kamu bagaimana ciri-ciri vagina sehat? Yuk simak di sini.

Gangguan kesehatan vagina dapat memengaruhi kesuburan, keinginan untuk berhubungan seks, serta kemampuan untuk mencapai orgasme. Maka dari itu sangat penting untuk menjaga kesehatan vagina.

Ciri-ciri vagina sehat

Untuk diketahui apakah vaginamu normal atau sehat terdapat beberapa ciri-ciri yang dapat kamu ketahui. Ciri-ciri ini sangat penting untuk diperhatikan karena jika kamu melihat ketidaknormalan pada vaginamu kamu bisa langsung berkonsultasi dengan dokter.

Baca Juga : Valentino Rossi Bakal Menjajal Sirkuit Mandalika NTT

Dilansir dari berbagai sumber, berikut adalah ciri-ciri vagina sehat.

Pertama, memiliki cairan berwarna putihJika kamu mengalami keputihan itu merupakan hal yang wajar. Jumlah dan tekstur keputihan dapat bervariasi sepanjang siklus menstruasi yang kamu alami. Ada beberapa ciri keputihan atau cairan vagina yang normal, seperti:

  • Tidak memiliki aroma yang menyengat
  • Berwarna putih
  • Tebal dan lengket
  • Licin dan basah

Jika keputihan berubah warna misalnya saja berubah warna menjadi hijau atau kuning kamu harus mewaspadai hal ini. Karena bisa saja hal tersebut menandakan adanya infeksi.

Kedua, vagina sehat: tidak gatal. Vagina sehat tidak terasa gatal. Gatal bisa menjadi tanda sariawan di vagina atau adanya infeksi lain. Tak hanya itu saja, gatal juga dapat menjadi bagian dari masalah kulit secara umum, seperti eksim atau bisa juga menjadi tanda kondisi lain, lichen sclerosus. Semua kondisi tersebut memerlukan pengobatan. Jika gatal berlangsung lebih dari sebulan, sebaiknya segeralah periksakan diri ke dokter.

Ketiga, tidak terasa sakit.  Jika kamu merasa bahwa vaginamu sakit ini dapat mengindikasikan bahwa vaginamu tidak sehat. Vagina yang normal tidak akan terasa sakit. Mungkin ada beberapa pengecualian untuk hal ini, seperti periode postpartum. Ini dapat termasuk kram rahim, nyeri perineum (terutama jika ada sobekan), serta wasir.

Keempat, ciri vagina sehat, aroma tidak menyengat. Vagina memiliki mikrobioma sendiri yang pada dasarnya menjaga PH vagina asam dan mencegah pertumbuhan bakteri dan ragi yang berbahaya. Aroma dapat menjadi lebih kuat pada waktu-waktu tertentu, misalnya saja setelah berhubungan seks, selama atau setelah menstruasi, atau setelah berolahraga. Kamu perlu untuk segara mengunjungi dokter jika terdapat ketidakseimbangan pada mikrobioma vagina, seperti infeksi, bau, serta keluarnya cairan abnormal terjadi. Tak hanya itu saja, jika kamu juga merasakan adanya bau yang kuat atau vagina seperti berbau busuk ini dapat menjadi pertanda adanya infeksi pada vagina.

Kelima, vagina lembap.  Vagina sehat dan normal adalah vagina yang lembap. Rata-rata wanita sehat menghasilkan 1-4 ml cairan vagina dalam sehari. Namun yang perlu kamu perhatikan adalah ketika cairan vagina berubah atau seseorang menghasilkan lebih banyak cairan dari biasanya, itu mungkin merupakan tanda infeksi. Vagina bisa saja terasa gatal, terbakar, terasa sangat sakit dan kering, dan ketika melakukan hubungan intim dapat sangat menyakitkan.

Cara menjaga agar vagina sehat

Vagina dirancang untuk menjaga dirinya tetap bersih dengan bantuan sekresi alami (keputihan). Menjaga kesehatan sehari-hari dapat membantu menjaga kondisi vagina tetap baik. Vagina sendiri merupakan tabung otot di dalam tubuh wanita yang membentang dari serviks (lubang rahim) hingga lubang vagina. Kemudian terdapat organ seks eksternal yang disebut sebagai vulva mengelilingi bulang vagina.

Dilansir dari NHS.uk, Dr. Suzy Elneil, konsultan dalam urogynaecology di University College Hospital, London mengatakan bahwa, umumnya kesehatan vagina yang baik dipertahankan dengan memastikan kamu dalam kesehatan umum yang baik. Hal tersebut dapat dilakukan dengan cara menjalani diet dan olahraga yang sehat. Latihan yang normal dapat menjaga fungsi vagina dengan baik, seperti berjalan dan berlari dapat membantu dasar panggul untuk meningkatkan dan memastikan kesehatan tubuh yang baik.

Nah sudah tahu bukan apa saja ciri-ciri vagina sehat? Menjaga kesehatan vagina wajib dilakukan oleh seorang wanita. Jika kamu melihat adanya ketidaknormalan pada vaginamu jangan ragu untuk berkonsultasi dan memeriksakan diri ke dokter ya!