Apa Kabar Agung Hercules? Ini Kondisi Terakhirnya

0
248

Jakarta,NAWACITA-Sudah hampir setahun belakangan artis komedi Agung Santoso atau Agung Hercules (51) tak terlihat menghiasi dunia hiburan. Agung diketahui kini lebih fokus berjuang melawan kanker glioblastoma stadium empat yang menyerang otak kirinya. Melalui kanal YouTube-nya, Agung Hercules TV, ia dan istrinya Mira membagikan video yang menginformasikan kondisi terkininya, pada Minggu (29/07/2019).

Agung harus menjalani operasi pengangkatan kanker pada otaknya sebanyak tiga kali. Hal itu merupakan salah satu tahap dari proses pemulihan yang dijalani oleh Agung. “Ada operasi sampai tiga kali pengangkatan. Itu banyak cerita kenapa bisa sampai satu dua tiga itu,” kata Mira dalam video itu.

“Insya Allah kalau memang nanti dikasih ini bisa dikupas sedikit–dikit, dilanjutkan lagi dengan kemoterapi, berikut radiasi hal pertama yang dilakukan. Kemudian lanjut lagi sekarang, kemo selama enam bulan berturut,” tambahnya

Sadar biaya pengobatannya tak murah, Agung Hercules memanfaatkan asuransi kesehatan BPJS untuk mengurangi beban biaya. Agung dan istri tak merasa malu apalagi gengsi melakukannya. Ia sadar betul bahwa BPJS telah banyak membantu mereka saat ini.
“Kalau aku sendiri, tidak masalah (pakai BPJS), enggak masalah aku asli enggak masalah. Oh kalau teman-teman ini jadi kayak gimana… ‘oh kasian.. bla bla bla’,” ucap Agung dalam video.

“Ya memang engga masalah. Kalau memang Allah SWT sudah ngasih ya sudah, seperti ini saja,” tambahnya.

Setelah menjalani berbagai tindakan medis, kini Agung sudah bisa menjalani pengobatan rawat jalan. Ia tak perlu lagi harus dirawat berhari-hari di bangsal rumah sakit. “Jadi kemarin kami sudah menyelesaikan kemoterapi pertama berikut dengan 33 radiasi, jadi itu bolak-balik rumah sakit setiap hari,” ucap Mira.

“Alhamdullilah itu sudah kami lalui semuanya jadi sekarang mungkin akan lebih banyak kami beristirahat di rumah,” sambungnya.

Perawatan fisik Tak hanya menjalani pengobatan secara medis, Agung juga menjalani beberapa treatment atau perawatan fisik. Ia melakoni itu agar fungsi tubuhnya bisa bekerja dengan baik kembali. Beberapa treatment fisik yang dijalani Agung adalah dengan bermain gitar untuk melatih ingatan memorinya. Agung juga berjalan di kolam renang untuk melatih pernapasannya dan melakukan olahraga panahan.

Akan tetapi, ia belum dibolehkan untuk mengangkat barbel yang menjadi ciri khasnya karena itu memakan energi yang cukup besar. “Padahal aku pengin ini… pengin (angkat barbel) kayak dulu lagi, tapi enggak boleh haduh,” ujar Agung. Selain itu, selama proses tersebut Agung diharuskan memiliki asupan nutrisi yang cukup.