Manfaat Mandi Air Dingin

0
229

Jakarta, NAWACITA – Sebagian besar orang memilih mandi air hangat di pagi hari karena bisa membuat nyaman setelah bangun tidur. Apalagi jika tidur di ruangan dingin. Tapi tahukah Anda bahwa mandi dengan air dingin, atau mandi ala Skotlandia, menjadi bagian dari rutinitas pagi Anda? Alasannya, banyak manfaat kesehatan yang mengejutkan yang bisa Anda dapat.

Aktris Hollywood Katherine Hepburn adalah penggemar mandi air dingin. Menurut laporan New York Times, dia mulai melakukannya setiap hari setelah didorong oleh Dr. Thomas Norval Hepburn, seorang ahli urologi dan perintis dalam kebersihan sosial. Aktris itu mengatakan dengan mandi air dingin, ia memiliki tingkat energi yang tinggi untuk kegiatan sehari-harinya.

Dikutip dari Medical News Daily, berikut beberapa manfaat yang didapat dari mandi air dingin.

  1. Meningkatkan energi di pagi hari

Air dingin yang mengalir di seluruh tubuh akan meningkatkan asupan oksigen. Dengan demikian, ini akan meningkatkan detak jantung dan melancarkan aliran darah ke seluruh tubuh. Dampaknya tubuh akan memiliki energi alami yang lebih tinggi di pagi hari.

  1. Memperbaiki kulit dan rambut

Air hangat cenderung membuat kulit kering, jadi lebih baik menggunakan air dingin untuk mempertahankan kelembapan kulit dan rambut. Air dingin juga membuat kutikula dan pori-pori kulit tertutup sehingga mencegah kotoran masuk.

Jessica Krant, dokter kulit bersertifikat, mengatakan kepada The Huffington Post bahwa air dingin atau suam-suam kuku dapat membantu kulit kehilangan minyak alaminya. Ingat, air dingin hanya untuk sementara mengencangkan kulit karena menyempitkan aliran darah, tetapi tidak mengecilkan pori-pori.

  1. Meningkatkan kekebalan tubuh

Air dingin dapat meningkatkan sirkulasi darah di organ-organ tubuh sehingga membantu memerangi beberapa masalah kulit dan jantung. “Ketika air dingin mengenai tubuh, sirkulasi darah membuat arteri lebih efisien memompa darah, oleh karena itu meningkatkan kesehatan jantung kita secara keseluruhan,” ujar Dr. Joseph Mercola, seorang ahli kesehatan alami.

Selain itu, air dingin dapat menurunkan tekanan darah, membersihkan arteri yang tersumbat, dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh kita. Membantu menurunkan berat badan

  1. Menurunkan berat badan

Mandi air dingin dapat membantu menurunkan berat badan dengan cara yang tidak terduga. Tubuh manusia mengandung dua jenis jaringan lemak, lemak putih dan lemak cokelat. Lemak putih terakumulasi ketika kita mengonsumsi lebih banyak kalori daripada yang dibutuhkan tubuh sehingga tidak bisa terbakar. Lemak tubuh ini menumpuk di pinggang, punggung bagian bawah, leher, dan paha. Lemak-lemak inilah yang paling sering jadi masalah.

Menurut Joslin Diabetes Center, afiliasi Harvard Medical School, lemak cokelat adalah lemak baik yang menghasilkan panas untuk menjaga tubuh kita tetap hangat, dan diaktifkan ketika terkena dingin yang ekstrem. Dengan demikian, mandi air dingin dapat meningkatkan aktivitas lemak coklat. Sebuah studi di 2009 menemukan bahwa paparan suhu dingin ekstrem mengaktifkan lemak cokelat. Ini artinya, seseorang dapat kehilangan hingga sembilan pound dalam setahun jika terus terpapar.

  1. Mempercepat pemulihan otot

Para atlet biasanya mandi es untuk mengurangi nyeri otot. Ini juga bisa dipraktikkan setelah latihan di gym untuk mengurangi sakit otot. Sebuah studi 2009 menemukan bahwa mandi air dingin selama 24 menit efektif meredakan otot-otot yang sakit. Ini bisa dilakukan satu hingga empat hari setelah latihan berat, dengan suhu air atau 10 hingga 15 derajat Celcius. Namun, beberapa penelitian melibatkan suhu yang lebih dingin