Boram, Youtuber Berusia 6 Tahun Asal Korsel Beli Rumah Seharga Rp113 M

0
226

Seoul,NAWACITA– Umurnya masih 6 tahun, namun bocah bernama Boram asal Korea Selatan (Korsel) mampu menarik perhatian puluhan juta subscriber-nya di akun YouTube.

Buah dari usahanya, Boram dan keluarga, melalui perusahaan Boram Family, membeli rumah lima lantai seharga 9,5 miliar won atau sekitar Rp113 miliar di Gangnam, pinggiran Seoul, pada awal 2019.

Boram memiliki dua akun YouTube. Untuk konten review mainan dia memiliki 13,6 juta subscriber dan untuk kegiatan sehari-hari dia memiliki 17,6 juta subscriber, hingga Minggu (28/7/2019). Posting-an video yang paling populernya telah ditonton hingga 376 juta kali. Boram membuat mi instan menggunakan mainan plastik.

Namun ada beberapa video Boram yang memicu kontroversi di Korsel. Pada 2017, LSM Save the Children menerima keluhan dari masyarakat yang khawatir salah satu video Boram bisa berdampak negatif bagi anak-anak.

Manajer departemen advokasi Save the Children Koh Woohhyun, seperti dikutip dari CNN, Minggu (28/7/2019), mengatakan, di video itu Boram mencuri uang dari dompet ayahnya lalu mengendarai mobil di jalanan.

Save the Children sudah melaporkan video itu ke polisi. Pengadilan Keluarga Seoul lalu memerintahkan orangtua Boram melakukan konseling untuk mencegah kejahatan anak. Selain itu, video terkait juga sudah dihapus.

Di YouTube, anak bisa menjadi bisnis besar. Data Forbes menyebut, YouTuber dengan penghasilan terTinggi pada 2018 adalah Ryan Kaji, bocah berusia 7 tahun asal Amerika Serikat (AS) yang memiliki akun Ryan ToysReview dengan 20,8 juta subscriber. Pada tahun lalu, dia memperoleh pendatapan 22 juta dolar AS atau sekitar Rp 304 miliar. Bintang lainnya adalah Tydus berusia 5 tahun juga asal AS. Dia memiliki akun YouTube Trav and Cor dengan 3,1 juta subscriber.