Anda Wanita Karier? Tips Menjadi Lebih Produktif

1
121
Business Leadership

Jakarta, NAWACITA – Sebagai perempuan karier yang memiliki segudang kesibukan, tentu sebagian dari Anda menghabiskan waktu hampir seharian di kantor. Maka dari itu, tak heran jika Anda seringkali didera stres berkepanjangan.

Stres tersebut bisa disebabkan oleh berbagai hal. Mulai dari tekanan dari atasan, pekerjaan yang menumpuk, deadline yang mepet, tubuh yang kurang fit akibat jarang olahraga, dan masih banyak lagi.

Rata-rata, masalah-masalah tersebut membuat Anda jadi tidak bisa menikmati pekerjaan. Jika Anda pernah mengalami hal tersebut, Anda tak perlu khawatir. Karena ternyata masalah-masalah tersebut bisa diatasi dengan hal-hal kecil. Melansir Career Girl Daily, berikut 10 hal kecil yang bisa membuat perjalanan karier Anda lebih mudah dan menyenangkan.

  1. Jangan lupa untuk membagi waktu secara seimbang

Pergi bekerja, konsentrasi seharian penuh, lalu pulang ke rumah dan beristirahat sudah menjadi rutinitas harian bagi sebagian besar dari kita. Tak jarang, rutinitas tersebut membuat kita tidak bisa menikmati hari dan melakukan kegiatan lain, seperti berolahraga atau berkumpul dengan keluarga dan orang-orang terdekat.

Oleh karena itu, kita harus mulai belajar menyeimbangkan hari. Bekerja keras boleh saja, tapi sempatkan juga waktu untuk memedulikan kesehatan tubuh dan mental. Jika Anda tidak bisa berolahraga setiap pagi, setidaknya sempatkan waktu seminggu sekali. Atur jadwal dan rutinitas kegiatan Anda sesuai dengan kesibukan. Selipkan hal-hal menyenangkan agar hari-hari Anda bisa lebih berwarna.

  1. Kombinasikan tujuan bekerja dan tujuan hidup

Sebagian besar dari kita mungkin masih banyak yang menganggap pekerjaan hanya sekadar menjadi cara untuk mendapatkan uang dan jabatan. Padahal, dengan bekerja, banyak sekali hal yang bisa kita lakukan agar bisa memberikan dampak positif bagi diri sendiri, orang lain, dan lingkungan.

Maka dari itu, usahakan memilih pekerjaan yang juga sejalan dengan tujuan hidup Anda. Dengan begitu, Anda akan bisa memiliki gambaran masa depan yang lebih besar dan jauh lebih bisa mengerjakan pekerjaan dengan sepenuh hati.

  1. Memanfaatkan waktu di perjalanan

Bagi sebagian kita yang tinggal di perkotaan besar, tentu terjebak di tengah kepadatan lalu lintas sudah menjadi salah satu rutinitas setiap pagi. Selain melelahkan, kemacetan juga bisa membuat kita kehilangan banyak waktu.

Oleh karena itu, kita yang tinggal di kota-kota besar harus pandai-pandai memanfaatkan waktu. Usahakan jika Anda terjebak kemacetan, manfaatkan waktunya untuk mengecek email atau mengerjakan sebagian pekerjaan. Jadi ketika sudah sampai di kantor, Anda tidak perlu memulai dari awal lagi, tinggal melanjutkan saja.

  1. Berkomunikasi dengan rekan kerja

Sesibuk apapun Anda di kantor, usahakan untuk selalu menjaga hubungan komunikasi yang baik dengan semua rekan kerja. Gunakan waktu makan siang untuk saling memberikan update seputar informasi di kantor, atau Anda juga bisa menanyakan kabar-kabar rekan kerja di lain divisi yang Anda kenal.

Tujuannya adalah supaya Anda bisa merasa lebih nyaman saat bekerja dan membantu Anda untuk memahami karakter setiap orang yang bekerja bersama dengan Anda.

  1. Menyempatkan waktu untuk menghirup udara segar

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa bekerja di ruangan terbuka bisa membuat kita menjadi lebih produktif. Oleh karena itu, jika sudah merasa penat dengan pekerjaan, ada baiknya Anda keluar dari kantor sebentar untuk bisa menghirup udara segar. Atau jika tidak sempat, manfaatkan jam makan siang untuk jalan-jalan sebentar sekaligus mencari makan.

Karena selain bisa membuat Anda lebih rileks, menghirup udara segar juga bisa meningkatkan sistem imun tubuh, menenangkan pikiran, melegakan pernafasan, meningkatkan energi dan memperbaiki kesehatan jantung dan otak.

  1. Sempatkan waktu untuk olahraga

Padatnya aktivitas dan tugas yang menumpuk saat bekerja tak jarang membuat kita jadi mudah stres. Salah satu obat paling mudah dan terpercaya adalah olahraga. Untuk itu, sesibuk apapun aktivitas Anda setiap hari, usahakan untuk melakukan olahraga. Tidak perlu mengikuti kelas khusus atau olahraga berjam-jam, cukup seminggu sekali atau selama satu jam per hari saja sudah cukup untuk bisa membuat tubuh lebih fit, menjaga stamina, dan meredakan stres.

  1. Istirahat maksimal

Sebagai seorang perempuan yang sedang meniti karier, bekerja keras memang menjadi sebuah keharusan. Namun jika terlalu berlebihan dampaknya juga tidak baik bagi kesehatan tubuh dan mental. Oleh karena itu, Anda harus pandai-pandai melepaskan diri dari segala macam kegiatan yang berkaitan dengan pekerjaan.

Ambil langkah mundur dan lakukan kegiatan lain yang tak kalah menyenangkan dan tidak ada hubungannya dengan pekerjaan. Misalnya liburan, bertemu teman lama, berkumpul bersama keluarga, atau me time dengan memanjakan diri seharian di salon atau spa. Karena semakin sehat pikiran Anda, maka tubuh dengan sendirinya juga akan menjadi lebih sehat. Efek baiknya, Anda juga bisa menjadi lebih produktif ketika kembali bekerja nanti.

  1. Jangan segan untuk meminta evaluasi

Kebanyakan dari kita mungkin takut untuk mendapatkan evaluasi hasil kerja. Namun percayalah bahwa evaluasi bisa membantu Anda menjadi lebih baik. Maka dari itu, rajin-rajinlah meminta feedback dari atasan atau rekan kerja tentang kinerja Anda selama ini. Apa saja goals yang sudah Anda capai, apa yang perlu ditingkatkan dan apa saja yang harus dipertahankan. Dengan begitu, kemampuan Anda dalam bekerja akan selalu berkembang seiring berjalannya waktu.

  1. Saling membantu

Setiap hari Anda tentu sudah memiliki kesibukan dan tugas masing-masing. Tetapi tidak ada salahnya bagi Anda untuk sesekali saling membantu rekan kerja di kantor. Tak perlu melakukan suatu hal yang berat, cukup dengan membantu merapikan kerja sebelum meeting dimulai, berbagi informasi, atau sekadar mengambilkan barang yang terjatuh. Tawarkan bantuan setiap kali ada yang membutuhkan (kumparancom)

Cara ini nantinya bisa membuat Anda mendapatkan respect dari rekan kerja dan mereka menjadi lebih nyaman berada di sekitar Anda. Ingat, bahwa di dunia profesional tidak hanya kinerja saja yang dinilai, tetapi sikap dan perilaku juga.

  1. Luangkan waktu untuk bersyukur

Cara terbaik untuk merasakan kesuksesan Anda adalah dengan selalu merasa bersyukur atas segala hal yang telah Anda miliki. Belajar bersyukur akan membantu Anda untuk mengatasi stres setiap hari, membuat Anda untuk selalu bersikap dan berpikiran positif, produktif, dan selangkah lebih maju.

Sempatkan waktu untuk bersyukur setiap sore menjelang pulang kerja. Cara ini juga akan membantu Anda untuk melepaskan beban pekerjaan seharian dan bisa pulang dengan pikiran yang tenang dan tubuh yang rileks.

Comments are closed.